Dark/Light Mode

BNI Xpora Perkuat Ekosistem Diaspora Dorong Kinerja Ekspor UMKM

Jumat, 17 Desember 2021 17:00 WIB
Dirut BNI Royke Tumilaar (kedua kiri) sesuai menandatangani MoU dengan HOI di Jakarta, Jumat (17/12). (Foto: Dok. BNI)
Dirut BNI Royke Tumilaar (kedua kiri) sesuai menandatangani MoU dengan HOI di Jakarta, Jumat (17/12). (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
"BNI sebagai Bank Internasional memiliki tugas membantu pebisnis Indonesia untuk dapat menembus pasar global. Melalui BNI Xpora, UMKM mendapatkan dukungan berupa peningkatan kapasitas dan kualitas produksi, edukasi penyusunan laporan keuangan, hingga dukungan akses pemasaran produk keluar negeri melalui business matchmaking dengan buyer di pasar global," ujar Royke.

Director of HOI Vidi Vinandar optimistis, ekosistem diaspora di Australia dapat lebih aktif membantu UMKM RI menembus pasar global demi upaya naik kelasnya. 

"Kami yakin dapat membantu memasarkan dan mengimpor produk Indonesia. Terlebih kami punya pengalaman lebih dari 30 tahun dalam memfasilitasi beberapa perusahaan Indonesia termasuk BUMN," ujar Vidi.

Baca juga : Bupati Jepara: Kekuatan Parpol Bisa Dorong Percepatan Vaksinasi

Dorong Produk Unggulan UMKM

 Dalam kesempatan yang sama, Direktur Treasury dan Internastional BNI Henry Panjaitan menjabarkan, ruang lingkup MoU antara lain mencakup pertukaran informasi jasa dan produk perbankan, pasar dan produk-produk unggulan Indonesia di Australia secara transparan.

MoU ini juga memfasilitasi akses pasar Australia bagi produk-produk unggulan pelaku UMKM Indonesia.   

Baca juga : Bamsoet Dorong Digitalisasi UMKM

Kerja sama ini juga membahas peluang kolaborasi untuk pengembangan commercial hub ECONESIA yang tengah dikembangkan oleh HOI termasuk mekanisme kerja sama tertentu.

Terdapat juga penyediaan literasi layanan dan produk perbankan oleh BNI sesuai dengan yang disepakati bersama dengan jangka waktu dua dua tahun.   

Adapun, BNI Xpora merupakan one stop shopping solution BNI untuk pelaku usaha UMKM baik yang baru memulai bisnis maupun yang ingin mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital, dan GoGlobal.

Baca juga : Perkuat Rantai Pasok, Borong Indonesia Gelar Borong BizWeek

Selain itu, BNI Xpora juga menyediakan fitur-fitur digital berupa pembiayaan Fast Trex dengan agunan dan biaya yang lebih rendah, khusus untuk para pelaku ekspor. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.