Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gandeng Unpad, PresUniv Siap Cetak Dokter-dokter baru

Minggu, 19 Desember 2021 17:34 WIB
Founder Jababeka Group dan President University (PresUniv), SD Darmono. (Foto: ist)
Founder Jababeka Group dan President University (PresUniv), SD Darmono. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - President University (PresUniv) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) untuk mencetak dokter-dokter baru.

Acara penandatangan PKS antara PresUniv dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) di Hotel Nuanza, Cikarang, Bekasi, Jumat (17/12). PKS ini ditandatangani oleh Rektor PresUniv Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto dengan Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Dr. dr. Yudi Mulyana Hidayat.

PKS ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Deklarasi Pembinaan/Pendampingan dari Fakultas Kedokteran Unpad, dalam rangka pendirian Prodi Kedokteran di PresUniv di Jababeka Golf & Country Club, Cikarang, akhir September 2021.

Berita Terkait : Kmart Gandeng Kemenparekraf Bikin Wadah Emak-emak Berbisnis

PKS kali ini mencakup dua klausul, yakni dalam rangka pendirian Program Studi Kedokteran di PresUniv dan pengembangan Academic Health System (AHS) di kawasan industri Jababeka. 

Dalam sambutannya, Founder Jababeka Group dan President University (PresUniv), SD Darmono mengatakan, PresUniv sudah lama ingin membuka pendidikan kedokteran, namun terhambat oleh regulasi tentang moratorium pendirikan Program Studi atau Fakultas Kedokteran yang sudah diterapkan sejak tahun 2016 oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Dengan terus bertambahnya jumlah rumah sakit yang ada di Cikarang dan sekitarnya, kini kebutuhan akan SDM kesehatan, termasuk dokter, terus meningkat. Maka, adanya Program Studi Kedokteran di Cikarang, Bekasi, sudah menjadi kebutuhan.

Berita Terkait : Gandeng JD.ID, Pospay Siap Ramaikan Pasar E-Commerce

Dengan adanya pendampingan dari Fakultas Kedokteran Unpad, Darmono berharap, Program Studi Kedokteran di PresUniv akan mampu menghasilkan dokter-dokter yang berkualitas. “Jadi, merupakan kehormatan bagi PresUniv bisa menandatangani PKS dengan Fakultas Kedokteran, Unpad, yang namanya sudah begitu besar dan bersejarah,” ujarnya.

Darmono berharap dengan adanya dokter-dokter yang berkualitas, kelak tak perlu lagi para ekspatriat atau eksekutif lainnya yang bekerja di kawasan industri Jababeka pergi berobat atau memeriksa kesehatannya di luar negeri. “Mereka cukup berobat atau memeriksa kesehatannya di rumah-rumah sakit yang ada di Cikarang,” tegasnya.

Darmono mengatakan, sekarang ini PresUniv banyak menerima mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hal serupa juga akan diterapkan untuk Program Studi Kedokteran. Harapannya setelah lulus dari Prodi Kedokteran, PresUniv, mereka akan kembali ke daerahnya untuk berkarya sebagai dokter di sana. 

Berita Terkait : Gandeng Seniman Nusantara, MPR Siapkan Lagu Pilar Bangsa

“Dengan cara seperti ini, PresUniv akan ikut membantu mengatasi ketimpangan distribusi dokter di berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Sementara, Prof. Yudi Mulyana Hidayat menyampaikan apresiasi atas kepercayaan PresUniv terhadap Fakultas Kedokteran Unpad, untuk memberikan pendampingan. “Kami sangat menghargai kepercayaan PresUniv,” ucap Prof. Yudi. 

Menyinggung soal pengembangan AHS di kawasan industri Jababeka, Prof. Yudi menekankan pentingnya dukungan dari segenap stakeholders. “Jika tanpa dukungan dari seluruh pihak, pengembangan AHS tidak akan berhasil,” tegas dia. [DIT]