Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Merger Perusahaan Telko Perluas Akses Internet

Rabu, 22 Desember 2021 19:11 WIB
Jaringan telekomunikasi. (Foto: ist)
Jaringan telekomunikasi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate memperluas, cakupan akses internet di Indonesia mendapat dukungan.

Anggota Komisi I DPR, Bobby Rizaldi mengatakan, roadmap perluasan akses internet ke pelosok sudah tepat. "Saat ini roadmap Kemenkominfo sudah tepat, selain mempersiapkan infrastruktur TIK, juga menyiapkan 12 juta SDM mulai tingkat vokasi sampai Digital Leaderships," kata Bobby, Rabu (22/12).

Menurut dia, penyiapan infrastruktur merupakan faktor penting menunjang penyediaan akses internet ke masyarakat. Hak primer warga itu harus dipenuh oleh pemerintah, dengan bantuan provider telekomunikasi.

Baca juga : Tertibkan Aset Perusahaan, KAI Terapkan GCG

"Keterlibatan provider perlu sinergi dengan roadmap pemerintah via Kominfo karena pembangunan Infrastruktur TIK dilakukan bersama," ujar dia.

Di sisi lain, Bobby melihat langkah provider telekomunikasi dalam mendukung pemerataan akses internet juga perlu diapresiasi. Dirinya mencontohkan langkah merger antara Indosat dan Tri Indonesia.

“Itu harus kita dukung karena akan mendorong efisiensi dan penguatan provider untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat,” katanya.

Baca juga : BKPM: 89 Perusahaan Besar Telah Bermitra dengan UMKM

Bobby berharap merger Indosat dan Tri memberi sumbangsih terhadap perluasan akses internet. Sehingga, penetrasi jaringan internet di Indonesia merata.

"Adanya sinergi dan efisiensi operator agar mampu membangun jaringan TIK seluas-luasnya," kata dia.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Kresna Dewanata Phrosakh juga merespons positif restu Kominfo terkait merger Indosat dan Tri. 

Baca juga : Relawan ET Dideklarasikan

"Perusahaan atau provider apapun kalau mau merger, asal itu bisa makin memperluas jangkauannya ke seluruh pelosok area di Indonesia saya rasa tidak ada masalah," kata Kresna.

Menurut dia, tujuan akhir dari perluasan jaringan internet adalah dampak positif bagi masyarakat.

Sedangkan Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-ITB, Ian Joseph Matheus Edward menyebutkan selain upaya pemerataan jaringan 4G, tantangan merger operator adalah membuat rencana skema tarif baru yang lebih terjangkau. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.