Dark/Light Mode

Biar Ngacir, Pertamina Siagakan 10 SPBU Baru di Tol Trans Jawa

Sabtu, 8 Juni 2019 10:46 WIB
Pertamina siagakan SPBU buat pemudik Lebaran (Foto: Istimewa)
Pertamina siagakan SPBU buat pemudik Lebaran (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk menghindari terjadinya penumpukan pengisian BBM, 10 SPBU baru disiagakan di jalur Tol Trans Jawa. SPBU reguler baru ini untuk melayani para pemudik di sepanjang jalur A (Jakarta ke Surabaya) dan jalur B (Surabaya ke Jakarta).

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY Andar Titi Lestari mengatakan, untuk di wilayah Pertamina MOR IV, terdapat enam SPBU baru dan satu SPBU existing yang melayani pemudik selama periode Satgas Lebaran dan Idul Fitri 2019.

Baca juga : Jelang Puncak Arus Balik, Pertamina Siagakan Pasokan BBM

"SPBU tersebut, tersebar di jalur A dan B. Di mana terdapat tiga SPBU di jalur A yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519. Sedangkan, di jalur B terdapat empat SPBU juga yaitu di KM 260, KM 360, KM 389, dan KM 519," ujar Andar, Sabtu (8/6).

Berdasarkan hasil pantauan perusahaan minyak pelat merah ini, beberapa waktu lalu terjadi peningkatan konsumsi BBM di seluruh SPBU dan Kios Pertamina Siaga sepanjang jalur Tol Trans Jawa bagian tengah tersebut. 

Baca juga : Ini Trik Pertamina Antisipasi Suplai BBM untuk Wisatawan dan Pemudik Lokal

"Pantau kami, terjadi antrean panjang pengisian BBM di kios Pertamina Siaga KM 287A dan KM 344A serta SPBU KM 379A sehingga menyebabkan penumpukan di rest area setempat,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi tidak terulangnya kejadian tersebut, Pertamina MOR IV memberikan imbauan kepada para pemudik arus balik untuk mengisi BBM full tank sebelum bepergian. Apabila, mengalami kekurangan BBM di Tol Trans Jawa, maka dapat mengisi di SPBU reguler Pertamina. Apalagi, bila terjadi antrean panjang di kios Pertamina Siaga. 

Baca juga : Pertamina Berikan Bingkisan Pada Petugas SPBU yang Dinas di Tol Trans Jawa

"Untuk jalur balik atau jalur B, Pertamina telah menyiapkan empat SPBU reguler yaitu di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260," ujarnya.

Pertamina MOR IV menyiagakan lebih dari 700 SPBU di Jawa Tengah dan 109 SPBU di DI Yogyakarta. Khusus untuk di Tol Trans Jawa wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyiagakan enam SPBU reguler dan 15 Kios Pertamina Siaga, lima mobile dispenser, 60 motoris BBM kemasan, 45 kantong SPBU, dan 6 rumah Pertamina Siaga yang tersebar di sepanjang jalur Tol Trans Jawa. (FIK) 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.