Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selama Libur Natal

KAI Layani 146 Ribu Pelanggan Kereta JJ

Rabu, 29 Desember 2021 08:39 WIB
Libur Natal 24-26 Desember 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari. (Foto: Dok. KAI).
Libur Natal 24-26 Desember 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari. (Foto: Dok. KAI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada libur Natal, yakni 24-26 Desember 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh (JJ) atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah itu 60 persen dari kapasitas yang KAI sediakan, yaitu 242.466 tempat duduk.

Rute perjalanan yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah Jakarta-Cirebon pp (pergi pulang), Jakarta-Purwokerto pp, Yogyakarta-Purwokerto pp, Surabaya-Madiun pp, dan lainnya

“Kami memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh naik kereta api pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ini sesuai regulasi Pemerintah,” ujar Joni di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Libur Nataru, Garuda Ramal Trafik Penumpang Naik 27 Persen

Hal ini sebagai bentuk konsistensi perseroan dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat, guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Selain itu, pihaknya juga terus mengingatkan calon pelanggan untuk melengkapi persyaratan naik KA pada masa Nataru.

Sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, calon pelanggan usia di atas 17 tahun wajib telah divaksin dosis kedua. Dan bagi anak di bawah 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif PCR (Polymerase Chain Reaction) yang berlaku selama 3x24 jam.

Secara umum, lanjut Joni, pada periode 17-26 Desember 2021, pihaknya telah melayani 526.939 pelanggan kereta api JJ atau rata-rata 52.694 pelanggan per hari.

Baca juga : Tanam Ribuan Pohon, KAI Hijaukan Stasiun Dan Perkantoran

“Okupansinya mencapai 67 persen dari kapasitas yang tersedia, sebanyak 787.583 tempat duduk,” katanya.

Joni mengaku, perseroan juga menolak memberangkatkan calon penumpang yang tak memenuhi persyaratan sepanjang periode 24-26 Desember.

”Total ada 10.432 pelanggan (yang ditolak). Rinciannya, belum vaksin pertama. Sebanyak 2.115 pelanggan, pelanggan usia di bawah 12 tahun belum PCR 5.373 orang, mengalami sakit sebanyak 36 pelanggan. Dan tidak mengajukan bukti tes antigen 2.908 pelanggan,” bebernya.

Menurut dia, untuk masa libur berikutnya, yakni libur Tahun Baru 2022, tiket kereta api JJ yang telah dipesan pada 27 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022 ada 154.154 tiket. Atau rata-rata 17.128 tiket per hari.

Baca juga : Libur Nataru, Kilang Balikpapan Tetap Produksi BBM

Artinya, jumlah tersebut masih di bawah 30 persen dari kapasitas yang disediakan perseroan, yaitu 658.670 tempat duduk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.