Dark/Light Mode

Amazon Teratas, Alibaba dan Tencent Tembus 10 Merek Paling Berharga Sejagat

Rabu, 12 Juni 2019 07:31 WIB
Pendiri Jack Ma, Alibaba (Foto: CNBC)
Pendiri Jack Ma, Alibaba (Foto: CNBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Raksasa e-commerce Alibaba dan pemimpin teknologi Tencent China berada di antara 10 merek paling berharga di dunia, menurut laporan 2019 BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands, yang dirilis penyedia layanan komunikasi global WPP dan konsultan merek Kantar Millward Brown, Selasa (11/6).

Alibaba yang tumbuh dalam nilai merek sebesar 16 persen per tahun menjadi 131,2 miliar dolar AS, dan naik dua tingkat ke nomor tujuh, berhasil melampaui Tencent untuk pertama kalinya. Alibaba sukses menjadi merek China yang paling berharga.

Baca juga : Biar Sehat, Lebaran Jangan Cuma Makan Daging, Sayuran Juga

Tencent, perusahaan berbasis di Shenzhen yang terkenal dengan aplikasi multi-fungsinya yang sangat populer WeChat, berada di peringkat ke-8 dalam daftar tersebut. Tencent turun tiga tempat dibanding tahun sebelumnya, karena nilai mereknya turun 27 persen menjadi 130,9 miliar dolar AS.

Lalu, merek apa yang paling berharga di dunia? Jawabnya adalah Amazon. Nilai merek asal Amerika Serikat (AS) ini  naik 52 persen setiap tahunnya, menjadi 315,5 miliar dolar AS.

Baca juga : Kontribusi Manufaktur Tembus 20 Persen, RI Sejajar Jerman

Lima dari 10 peringkat teratas dalam daftar tahun ini adalah merek teknologi, termasuk Apple di tempat kedua dengan pertumbuhan tiga persen yang menghasilkan nilai 309,5 miliar dolar AS. Sementara Google, bertengger di tempat ketiga dengan nilai merek 309 miliar dolar AS.

Perusahaan-perusahaan China membuat kemajuan cepat dalam nilai merek. 16 merek asal negeri Tirai Bambu itu muncul dalam daftar 100 teratas. Ini jauh lebih fantastis dibanding pada tahun 2006, yang mencatat hanya ada satu merek China dalam 100 merek teratas di dunia. Demikian diungkap David Roth, CEO The Store WPP EMEA and Asia merangkap Ketua BrandZ, kepada Xinhua. [HES]

Baca juga : Soal Pengelolaan Dana Kelurahan, Pemda dan Pemerintah Pusat Belum Sepaham

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.