Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mandiri Capital Danai 7 Startup Sepanjang 2021

Rabu, 19 Januari 2022 18:39 WIB
Direksi Mandiri Capital Indonesia. (Foto: ist)
Direksi Mandiri Capital Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) mencatat sepanjang tahun lalu mendanai tujuh startup mulai dari fintech, fintech enabler, insurtech dan open finance. Perseroan juga melakukan kolaborasi dengan sejumlah startup.

Tahun ini, MCI menargetkan bisa memberikan pendanaan ke lebih banyak startup dengan dana investasi yang lebih besar, dan berkontribusi meningkatkan synergy value yang signifikan. Terutama melalui kemitraan dengan perusahaan teknologi dan ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

"Tujuan investasi yang lebih besar dan meningkatkan synergy value adalah, untuk terus mendorong tumbuhnya inklusi keuangan, serta perkembangan ekosistem startup di Indonesia," jelas Direktur Utama MCI Eddi Danusaputro dalam siaran persnya, Rabu (19/1).

Baca juga : Dubes Imam Sampaikan Capaian KBRI Caracas Selama 2021

Eddi mengatakan, pada 2021, menjadi tahun yang tangguh bagi MCI ditandai dengan tercatatnya rangkaian inisiatif perusahaan, untuk berinvestasi dan bersinergi dengan memberikan nilai tambah serta dampak positif bagi Mandiri Group, BUMN dan industri secara umum, melalui partisipasinya dengan melakukan pendanaan secara agresif. 

Ia merinci, partisipasi pendanaan MCI pada 2021 terdiri atas tiga investasi baru dan empat investasi follow-on. Dukungan MCI terhadap Mandiri Group dan pertumbuhan ekosistem startup, direalisasikan melalui beberapa inisiatif sinergi yang sudah berjalan pada 2021 lalu.

Beberapa di antaranya adalah, penyaluran kredit agrikultur melalui Crowde senilai Rp 310 miliar. Penyaluran kredit kepada pelaku UMKM melalui Investree senilai Rp 306 miliar. Dan kerja sama komprehensif dengan Bukalapak pada tiga lini produk; pembayaran, kredit dan investasi.

Baca juga : FIFGROUP Kembali Gelar Beasiswa Ceria 2021

Selain itu, penggunaan platform Jurnal dan Klik Pajak untuk mendigitalisasi laporan keuangan nasabah SME (Small Medium Enterprise) Mandiri dan Yokkebiz, yang merupakan hasil kolaborasi antara iSeller dengan Yokke menghasilkan peningkatan registered users hingga mencapai 6 ribu pengguna.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian kami di 2021, di mana kami berkesempatan untuk dapat berpartisipasi menyalurkan pendanaan baru dan follow-on ke tujuh startup di Tanah Air," ucap Eddi.

Hal ini sambungnya, menjadi salah satu catatan milestone kesuksesan MCI, ketika pihaknya berhasil mencatatkan peningkatan jumlah dan nilai penggalangan dana yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca juga : Bank Mandiri Fasilitasi Modal-Transaksi Supplier Telkomsel

Melalui partisipasi pendanaan bersama para partner investasi, MCI berharap, hal ini dapat menjadi kontribusi positif demi mendukung upaya pemerintah dalam mengejar target 90 persen inklusi keuangan di Tanah Air pada 2024 mendatang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.