Dark/Light Mode

Mandiri Capital Danai 7 Startup Sepanjang 2021

Rabu, 19 Januari 2022 18:39 WIB
Direksi Mandiri Capital Indonesia. (Foto: ist)
Direksi Mandiri Capital Indonesia. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Di awal 2021, startup portfolio MCI, Mekari. meraih kucuran pendanaan Seri D dengan total hampir Rp 280 miliar yang dipimpin oleh Money Forward. Sementara, partisipasi pendanaan MCI pada tiga investasi baru, di antaranya digunakan untuk pembiayaan Bukalapak (pendanaan Pra-IPO/Initial Public Offering yang dipimpin oleh GIC dan Standard Chartered, dengan jumlah yang tidak diungkapkan).

Kemudian, Ayoconnect (pendanaan Pra-Seri B bersama Patamar Capital dan Habibie Foundation, dengan jumlah total sekitar Rp143 miliar), dan salah satu startup di sektor insurtech pada pertengahan Desember 2021. 

Serta empat investasi follow-on untuk Amartha (yang dipimpin oleh Women’s World Banking dan MDI Ventures dengan jumlah total lebih dari Rp 510 miliar), iSeller (pendanaan Pra-Seri B yang dipimpin oleh AppWorks dan Openspace Ventures dengan total suntikan dana senilai Rp 120 miliar). 

Baca juga : Dubes Imam Sampaikan Capaian KBRI Caracas Selama 2021

Selanjutnya, Crowde (pendanaan Seri B yang dipimpin oleh Monks Hill dengan jumlah yang tidak diungkapkan) dan PrivyID (pendanaan Seri B yang dipimpin oleh GGV Capital dengan jumlah hingga lebih dari Rp 251 miliar). 

Jelang akhir 2021 lalu, Mandiri Capital Indonesia bersama empat CVC (Corporate Venture Capital) BUMN lainnya, memberikan dukungan kepada Merah Putih Fund (Dana Ventura Merah Putih atau MPF). 

MPF adalah sebuah inisiatif dari Kementerian BUMN sebagai dana kelolaan yang mendukung akselerasi startup lokal. Terutama yang berpotensi menjadi unicorn melalui kolaborasi bisnis dan modal, dengan target penutupan pertama sebesar lebih dari Rp 4 triliun.  

Baca juga : FIFGROUP Kembali Gelar Beasiswa Ceria 2021

Menutup 2021, dengan catatan performa yang impresif, MCI memasuki 2022 ini dengan fokus menyasar peluang pendanaan baru pada growth stage companies terutama startup di sektor fintech dan fintech enabler. 

Fokus ini turut didukung oleh target MCI agar dapat berinvestasi di tahap yang lebih beragam, dari Seed hingga Seri C, melalui fund yang berbeda-beda yang ada di bawah naungan MCI dengan kesiapan jumlah dana yang lebih besar dari tahun sebelumnya. 

Lebih lanjut, kata Eddi, MCI juga turut melakukan pendanaan pada startup, seperti corporate enabler, SME enabler, wealth/investment platform, earned wage access (EWA), logistic tech dan edutech yang diharapkan dapat mendorong inisiatif transformasi dan dampak positif bagi Mandiri Group melalui optimalisasi sinergi. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.