Dark/Light Mode

RI Mau Ekspor Mobil Ke Australia, Menperin: Ini Sejarah

Rabu, 2 Februari 2022 17:58 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: ist)
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus membuka pasar ekspor otomotif baru. Yang terbaru, kementerian yang di komandoi Agus Gumiwang Kartasasmita ini akan ekspor mobil ke Australia.

Hal tersebut dikatakan, Agus saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR, Rabu (2/2).

Baca juga : RI Lepas Ekspor Smelter Grade Alumina Dari KEK Galang Batang Senilai Rp 104 M

"Ini sejarah bahwa Indonesia akan pertama kali melakukan ekspor mobil ke Australia," katanya.

Kenapa dibilang sejarah? kata Agus, karena untuk mendapatkan izin ekspor mobil ke Australia tidak mudah. Butuh usaha yang keras. 

Baca juga : Mau Vaksin Booster Sambil Nge-mall? Di Sini Tempatnya...

"Ini adalah perjuangan. Karena keputusan boleh ekspor tidak di tangan kami. Perluasan ekspor mobil itu ada di tangan prinsipal. Untuk mobil Jepang, keputusan ada di Tokyo," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Australia sendiri memiliki standar otomotif yang tinggi yakni terkait Euro 4 atau Euro 5. Agus memastikan mobil yang akan dikirim ke Australia sudah memenuhi standar di sana.

Baca juga : Menpora Sambut Baik Kejuaraan Dunia Menembak Pertama Kali Di Indonesia

Selain itu, kata dia, mobil yang akan diekspor, kandungan lokalnya sudah di atas 60 persen. Agus optimis, ekspor mobil ini bisa dilakukan tidak lebih dari kuartal I-2022. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.