Dark/Light Mode

Tok, Ukay Karyadi Jadi Ketua KPPU Yang Baru

Rabu, 2 Februari 2022 22:22 WIB
Tok, Ukay Karyadi Jadi Ketua KPPU Yang Baru

RM.id  Rakyat Merdeka - Ukay Karyadi akhirnya ditetapkan menjadi Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan akan memimpin KPPU terhitung sejak 3 Februari 2022.

Penetapan ini dihasilkan melalui Rapat Komisi yang diselenggarakan di Jakarta, seperti dilansir situs resmi KPPU, Rabu (2/2).

Ukay yang sebelumnya menjabat Komisioner di lembaga yang sama, menggantikan almarhum Kodrat Wibowo, Ketua KPPU sebelumnya, yang meninggal dunia pada tanggal 5 November 2021.

Baca juga : Sambut KTT G20, PUPR Sulap Bali Jadi Kawasan Mangrove Tahura

Dalam menjalankan amanah baru tersebut, beliau didampingi Guntur Syahputra Saragih, yang telah menjalankan tugasnya sebagai Wakil Ketua KPPU sejak 16 Desember 2020.

"Dalam masa kepemimpinannya, Ukay akan melanjutkan berbagai penyelesaian tantangan yang ada, baik dalam kepegawaian dan reformasi aturan penegakan hukum, maupun dalam bidang digitalisasi sistem dan e-government," demikian bunyi keterangan tersebut.

Ukay menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung, dan S2 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan kekhususan Ekonomi Persaingan Usaha.

Baca juga : Ditangkap, 2 Buaya Yang Gigit Ketua DPRD Bangka

Sebelumnya, Ukay pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KPPU untuk periode 2018-2020.

Ukay juga pernah menjadi Tenaga Ahli DPR (2015-2018) dan Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan (2011-2014). Di samping 10 tahun berkarier di perusahaan swasta nasional.

Dalam bidang penelitian, Ukay pernah menjadi peneliti di Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unila, Urban and Regional Development Institute (URDI), Lembaga Kajian Kebijakan Kelautan (LK3), dan Prospera Institute.

Baca juga : Gus Jazil: IKN Harus Jadi Kekuatan Baru Indonesia

Ukay juga sejak lama aktif menjadi kolumnis ekonomi dan kebijakan publik, dengan enulis lebih dari 100 artikel yang dimuat di berbagai media massa.

Selain itu, dia juga aktif menjadi narasumber dalam acara talkshow televisi, kegiatan seminar, focus group discussion (FGD) dan pelatihan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.