Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

8 Bandara Angkasa Pura II Raih Sertifikat Pelayanan Terbaik Dari ACI

Jumat, 11 Februari 2022 22:17 WIB
Pelayanan terbaik yang diberikan di bandara Angkasa Pura II. (Foto: Dok. AP II)
Pelayanan terbaik yang diberikan di bandara Angkasa Pura II. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Airport Council International (ACI), organisasi yang mewadahi bandara-bandara di seluruh dunia, memberikan apresiasi kepada 8 bandara PT Angkasa Pura II

Apresiasi tersebut diberikan sejalan dengan upaya keras  AP II dalam memberikan pelayanan terbaik di tengah pandemi Covid-19 dengan menjalankan inisiatif ACI World’s Voice of the Customer.

Bandara-bandara AP II yang mendapat apresiasi dari ACI adalah Husein Sastranegara (Bandung), Soekarno-Hatta (Tangerang), Sultan Thaha (Jambi), Kualanamu (Deli Serdang), Depati Amir (Pangkalpinang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan Supadio (Pontianak).

Inisiatif ACI World’s Voice of the Customer sendiri merupakan bagian dari program Airport Service Quality guna memastikan kepuasan pelanggan (traveler).

Melalui inisiatif ini, bandara-bandara AP II mendengarkan suara pelanggan terkait layanan di keberangkatan, kedatangan dan aspek komersial dengan metode survei sesuai standar ACI yang dilakukan pada 2021.

ACI menyatakan bandara-bandara AP II yang menjalankan inisiatif ini telah mampu secara berkelanjutan memprioritaskan para pelanggan (traveler) dan memastikan suara mereka didengar di tengah pandemi ini.

 

 

Baca juga : Peringati Bulan K3 Nasional, Angkasa Pura I Selenggarakan Webinar Kesehatan Mental

“Bandara Anda telah membuat upaya yang signifikan dalam mengumpulkan masukan dari penumpang pesawat melalui program Airport Service Quality dari ACI dan ini akan membantu untuk mengerti pelanggan anda saat menyampaikan informasi yang berkelanjutan guna memastikan customer experience terbaik di tengah masa yang sulit ini,” ujar Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira dalam suratnya kepada President Director AP II Muhammad Awaluddin.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, suara pelanggan, dalam hal ini adalah traveler di bandara-bandara AP II, harus selalu didengar sebagai dasar perbaikan pelayanan dan melahirkan berbagai inovasi di setiap kondisi termasuk di tengah pandemi Covid-19.

Ia menambahkan, memahami pelanggan khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang penuh tantangan ini adalah hal yang sangat penting. Oleh karen itu AP II berkomitmen mendengar suara dan masukan traveler agar customer experience tetap terjaga di segala situasi.

"Kami berterima kasih kepada ACI yang telah memberikan apresiasi ACI World’s Voice of the Customer sejalan dengan survei yang digelar AP II pada 2021 untuk mendengar suara traveler untuk layanan di titik keberangkatan, kedatangan dan komersial,” jelas Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya, Jumat (11/2).

Adapun lewat suara pelanggan, AP II juga memperkenalkan berbagai inovasi layanan di tengah pandemi Covid-19, antara lain:

1. Inovasi di titik keberangkatan dan kedatangan

- Perangkat validasi digital PeduliLindungi: Guna memeriksa apakah aplikasi PeduliLindungi traveler sudah memuat dokumen yang diperlukan untuk penerbangan.

- Virtual Customer Assistant (VICA): customer service melalui video yang bisa diakses traveler melalui gadget.

Baca juga : Anies Tak Goyah Digoyang Giring

- Travel advisory: secara berkala AP II menginformasikan informasi travel advisory yang dapat diakses melalui aplikasi travelin.

- Airport Health Center: lokasi tes Covid-19 yang terdapat di bandara AP II

Penggunaan aplikasi HORE (Health Protocol Readiness) di kedatangan internasional guna mempermudah pelaporan dan integrasi data penumpang sehingga prosedur kedatangan internasional berjalan baik.

- Penyediaan peralatan scanner eHAC di seluruh kedatangan domestik bandara AP II.

- Face recognition untuk keberangkatan yang saat ini tengah disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta .

 

 

2. Inovasi di aspek komersial:

Baca juga : Imin Dan NU Seperti Layangan Putus?

- Vending machine di terminal penumpang yang menyediakan alat pelindung diri (APD) termasuk masker, hand sanitizer, face shield dan lain sebagainya.

- Saphire Precious Lounge untuk memberikan layanan bagi Commercial Important Person (CIP) di Bandara Soekarno-Hatta.

3. Inovasi terkait protokol kesehatan:

- Vaccination Center: lokasi bagi traveler dan masyarakat luas untuk menjalani vaksinasi Covid-19 di bandara AP II.

- Penerapan Biosecurity Management: memastikan physical distancing, pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal scanner, fasilitas tanpa sentuh, disinfeksi di seluruh ruangan terminal, penggunaan APD oleh setiap orang.

- Penerapan Biosafety Management: Penggunaan UV sterilizer, testing lab facilities, infrastructure sterilization.

"Pada tahun ini akan kembali diperkenalkan berbagai inovasi untuk meningkatkan customer experience traveler di bandara-bandara AP II, salah satunya adalah inovasi yang memanfaatkan metaverse yakni Tourism Activity Center dan Augemented Airport Experience," pungkas Muhammad Awaluddin. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.