Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diberi Lahan Garapan Oleh Semen Gresik, Petani Sanggem Rembang Happy

Kamis, 17 Februari 2022 13:37 WIB
Petani menggarap lahan milik PT Semen Gresik. (Foto: Semen Gresik)
Petani menggarap lahan milik PT Semen Gresik. (Foto: Semen Gresik)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Semen Gresik, yang merupakan unit usaha dari PT Semen Indonesia (Persero)Tbk (SIG), berkomitmen mendukung pengembangan lingkungan dan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama sekitar operasional perusahaan.
Komitmen tersebut diwujudkan dengan melakukan pemberdayaan 361 petani sanggem di enam desa sekitar operasional pabrik Rembang melalui program Semen Gresik Sahabat Petani (SGSP), yang dimulai sejak November 2021. Dalam program SGSP ini, Semen Gresik memberikan fasilitas lahan milik perusahaan seluas 119,25 hektar untuk dikelola petani.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni menjelaskan, program SGSP membuktikan bahwa kehadiran Semen Gresik memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekitar Pabrik Rembang. Perusahaan juga melakukan pendampingan dan memberi ilmu bagi petani untuk beralih ke pertanian modern agar hasil pertaniannya lebih maksimal.

Vita menambahkan, selain lahan garapan bagi petani, Semen Gresik juga memiliki fasilitas Edupark seluas 1,6 hektar yang bisa dimanfaatkan para petani untuk belajar. Edupark ini berkonsep pertanian dan peternakan terpadu. Di lokasi ini terdapat aneka hewan ternak, ikan hingga ragam sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, selada, kacang panjang, terong hingga sereh yang telah dimanfaatkan baik dikonsumsi sendiri maupun dijual.

Baca juga : Kesadaran Masyarakat Meningkat, Pertamax Kini Jadi Simbol Kebanggaan Bagi Penggunanya

Program SGSP ini disambut baik petani. Sigit Sri Wahyudi, salah satu petani dari Desa Tegaldowo, mengatakan, kendala yang dihadapi oleh para petani adalah persoalan keterbatasan lahan. Dengan adanya program ini, petani merasa sangat terbantu, karena mendapat kesempatan bercocok tanam sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

Sigit menerangkan, dirinya bersama 194 petani lain dari Desa Tegaldowo, Timbrangan dan Kajar tergabung dalam 1 kelompok mengelola lahan di kawasan tambang tanah liat Semen Gresik seluas 36 hektar untuk ditanami jagung, padi, dan ketela. Selain fasilitas lahan, para petani juga mendapat bantuan bibit tanaman, pendampingan, pelatihan menanam hingga perawatan tanaman.

"Kami bersyukur dengan segala fasilitas yang diberikan perusaahaan. Hasil pertanian kami maksimal. Kelompok kami baru saja melakukan panen raya, yang setiap petani mampu memperoleh hasil hingga 2 ton jagung,” ujar Sigit, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (17/2).

Baca juga : Pedagang Pasar Happy

Penasehat SGSP Achmad Achid dari Desa Timbrangan menyampaikan apresiasi atas program SGSP dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen petani sanggem. Menurutnya, aktivitas bisnis Semen Gresik telah menciptakan multpliereffect atau dampak ikutan bagi desa-desa sekitar seperti Timbrangan, Kajar, Tegaldowo, Pasucen, Kadiwono dan Ngampel (Kabupaten Blora).

"Dampak positifnya ada. Pengaruhnya langsung dirasakan. Semen Gresik itu membuat ekonomi dan kesejahteraan warga yang mayoritas petani itu meningkat. Indikatornya ada, salah satunya lantai rumah warga banyak yang berubah dari tanah menjadi keramik,’’ katanya.

Dia menerangkan, sebuah perusahaan disebut peduli jika memiliki tiga program yang menyentuh langsung ke masyarakat. Yaitu sosial ekonomi, sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan. Program itu ada semua pada PT Semen Gresik. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.