Dark/Light Mode

Blusukan Ke Yogya, Caketum Hipmi Ini Serap Aspirasi UMKM

Kamis, 20 Juni 2019 14:15 WIB
Mardani H. Maming (batik biru) saat berkunjung di sentra UMKM Kasongan dan Krebet Pajangan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Foto: Ist)
Mardani H. Maming (batik biru) saat berkunjung di sentra UMKM Kasongan dan Krebet Pajangan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki masa kampanye pemilihan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Calon Ketua Umum Mardani H. Maming blusukan ke Yogyakarta. Dia ingin menyerap aspirasi UMKM.

Dalam kunjungannya, dia tidak hanya didampingi Ketum Hipmi Yogyakarta, tapi juga Ketum Hipmi Maluku, Sulawesi Tengah, dan Kalsel. Salah satu agenda kunjungan kali ini adalah meninjau UMKM di daerah Kasongan dan Krebet Pajangan di Kabupaten Bantul. Di daerah ini banyak ditemukan para pengusaha muda yang memanfaatkan potensi kerajinan kayu dan kertas.

Baca juga : Mardani Puncaki Polling Caketum Hipmi

Dalam kesempatan ini, Mardani ingin melihat langsung geliat para UMKM di daerah, berdialog serta menyerap aspirasi mereka, dan menanyakan kendala-kendala apa saja yang dihadapi serta harapan-harapan mereka untuk bisa dikembangkan lagi. Baik dari sisi kapasitas skill dan pengalaman, maupun juga jejaring pemasarannya sehingga diharapkan usaha mereka makin tumbuh dan berkembang.

"Saya ini berangkat dari keluarga yang gemar berusaha, bahkan sebelum menjadi Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Sekarang setelah tidak menjabat lagi, saya akan dedikasikan waktu saya untuk dunia usaha,” ujarnya.

Baca juga : Calon Ketum Hipmi Ini Dorong Pengusaha Muda Naik Kelas

Dia mengaku tahu betul bagaimana para UMKM itu harus dirangkul, karena mereka ini jumlahnya besar, bergerak di sektor-sektor informal dan melibatkan banyak tenaga kerja. Apalagi UMKM ini memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Bahkan di saat ekonomi sulit pun, UMKM ini terbukti mampu menopang bangsa ini agar tidak terpuruk. Saya yakin apabila mereka difasilitasi, maka peran dan kontribusi mereka akan semakin terlihat nyata di masyarakat," tutur Mardani.

Baca juga : Bukan KPK, Yang Ditakutin Dewan Itu Tak Kepilih Lagi

Mardani yang dalam kunjungan tersebut tertarik dengan usaha salah satu pengrajin kayu dan kertas, secara spontan memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta sebagai tambahan modal usaha. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.