Dark/Light Mode

Bantu Rawat Kapal Nelayan Bandengan, Nippon Paint Salurkan 507 Liter Cat

Senin, 7 Maret 2022 22:42 WIB
Nelayan sedang mengecet kapalnya menggunakan cat Nippon Paint. (Foto: Ist)
Nelayan sedang mengecet kapalnya menggunakan cat Nippon Paint. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nippon Paint Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Warnai Kehidupan membantu para nelayan di Desa Bandengan dengan mendonasikan 507 liter cat yang terdiri dari produk Bee Brand 1000 dan Copper Paint Anti-Fouling.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu kapal nelayan yang terkena dampak pandemi Covid-19 di Desa Bandengan. Di desa ini mayoritas warganya berprofesi sebagai nelayan.

Menurut Kepala Desa Bandengan Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon Nining Suningsih hampir 90 persen warganya adalah nelayan. "Kalau lagi Musim Barat, para nelayan itu melaut di perairan Kabupaten Cirebon. Tapi, biasanya ramainya tangkapan hasil laut itu hanya sekitar 1 sampai 2 minggu. Nanti, kalau musim Timur atau timuran, biasanya di bulan 7 sampai 10 ini," jelas Nining.

Baca juga : Mantap! Pebalap Binaan Astra Honda Kibarkan Merah Putih Di IATC Qatar

Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, aktivitas penangkapan ikan di Indonesia didominasi oleh nelayan kecil. Lebih dari 90 persen nelayan Indonesia adalah nelayan yang menangkap ikan di daerah pesisir.

Ditambahkan Sekretaris Forum Nelayan Desa Bandengan Kecamatan Mundu Nursalim ada nelayan besar yang menggunakan kapal besar dengan jumlah anak buah kapal 10-15 orang dan ada kapal kecil dengan jumlah 2-3 orang.

Kapal Besar dapat digunakan untuk menangkap ikan teri, kembung, barakuda, hingga 10 ton. Sedangkan kapal kecil digunakan untuk menangkap rajungan dengan total muatan mencapai 1 kuintal.

Baca juga : Jelang Ramadhan, Bulog Dan Badan Pangan Pastikan Stok Daging Aman

Nursalim melanjutkan, biaya melaut dalam satu hari untuk memenuhi kebutuhan solar, makan dan keperluan melaut lainnya bisa menghabiskan Rp 200 ribu hingga Rp 800 ribu.

Selain operasional, di sisi lain nelayan juga harus memperhatikan kondisi kapal agar layak melaut, layak melakukan pelayaran. Salah satunya melalui pengecatan berkala untuk melindungi kapal dari korosi dan menghambat tumbuhnya lumut.

"Aksi donasi dan pengecatan kapal nelayan agar kapal-kapal tetap terawat, membantu docking. Sehingga tetap dalam kondisi layak laut dan memperpanjang usia teknis kapal," jelas Area Sales Manager Nippon Paint Indonesia Topan Wijaksono.

Baca juga : Bantu Warga Terdampak Gempa Pasaman Barat, Kemenag Salurkan Rp 2,35 M

Pengecatan kapal nelayan diharapkan dapat menjadi stimulan demi keberlangsungan kegiatan perekonomian bagi 350 warga Desa Bandengan ke depannya. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.