Dark/Light Mode

Tembus 523 Penerbangan & 2.584 Penumpang

Layanan Jet Pribadi di Bandara Soekarno-Hatta Makin Moncer

Minggu, 13 Maret 2022 10:38 WIB
Tembus 523 Penerbangan & 2.584 Penumpang Layanan Jet Pribadi di Bandara Soekarno-Hatta Makin Moncer

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan jet pribadi (private jet) yang dioperasikan oleh 14 maskapai, sejak 24 Januari 2024.

Layanan pesawat jet pribadi yang termasuk dalam kategori General Aviation ini, sebelumnya dioperasikan di Bandara Halim Perdanakusuma. Seiring revitalisasi yang dilakukan di bandara tersebut, penerbangan pesawat jet pribadi saat ini dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta.

 

Saphire Precious Lounge, khusus untuk penerbangan jet pribadi. (Foto: Humas AP II)

 

Baca juga : Rute Penerbangan Internasional Ke Bandara Bali Bertambah, 5 Maskapai Kantongi Izin

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, layanan dan operasional jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar. Didukung lengkapnya berbagai fasilitas dan infrastruktur.

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap untuk mendukung penerbangan pesawat jet pribadi. Terkait fasilitas, keberangkatan dan kedatangan penumpang jet pribadi ini dilakukan di lokasi khusus yakni Saphire Precious Lounge yang terletak di kawasan Terminal 1. Bukan di terminal penumpang maskapai berjadwal. ” jelas Muhammad Awaluddin.

Digunakannya Saphire Precious Lounge ini sejalan dengan hasil Focus Group Discussion, yang pernah digelar AP II pada Agustus 2021.

Tiga teratas fasilitas yang paling dibutuhkan penumpang pesawat jet pribadi adalah lounge khusus, area parkir kendaraan khusus, dan layanan Bea Cukai, Karantina dan Imigrasi.

Baca juga : Kapolda Metro Cek Alur Kedatangan Penumpang LN Di Bandara Soetta

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan berbagai penambahan infrastruktur sisi udara seperti East Cross Taxiway, High Speed Exit Taxiway hingga Runway Ketiga. Sehingga, kapasitas bandara dalam melayani penerbangan meningkat, dan dapat melayani penerbangan jet pribadi dengan lancar.

“Fasilitas khusus dan infrastruktur yang lengkap, membuat operasional pesawat jet pribadi tidak mengganggu operasional penerbangan berjadwal,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Didukung fasilitas pelayanan yang lengkap serta infrastruktur keamanan dan keselamatan penerbangan, keberadaan pesawat jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta pun mendapat respons sangat baik.

Dalam periode 24 Januari 2022 hingga 10 Maret 2022, jumlah penerbangan pesawat pribadi yang dioperasikan 14 maskapai di Bandara Soekarno-Hatta tembus 523 penerbangan, secara kumulatif. Terdiri dari 353 penerbangan domestik dan 170 penerbangan internasional. Dengan total jumlah penumpang berjumlah 2.584 orang.

Baca juga : Driver Taksi Online Penganiaya Penumpang Jadi Tersangka Dan Ditahan

"Jet pribadi menjadikan ekosistem penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta semakin lengkap. Ini menghadirkan beragam pilihan bagi penumpang dalam melakukan perjalanan. Baik itu penerbangan langsung atau penerbangan lanjutan," papar Muhammad Awaluddin.

"Penumpang pesawat berjadwal ketika mendarat, kini memiliki pilihan menggunakan pesawat jet pribadi, untuk mencapai destinasi selanjutnya,” imbuhnya.

Saat ini, sudah terdapat penerbangan berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta yang dilayani berbagai maskapai berjadwal domestik. Semisal Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, Sriwijaya Air Group dan AirAsia Indonesia. Juga maskapai berjadwal internasional. Serta layanan helikopter dan pesawat jet pribadi.

Kelancaran layanan dan operasional jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta juga didukung oleh kolaborasi yang sangat baik antara seluruh stakeholder. Seperti AP II, maskapai, AirNav Indonesia, Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.