Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MotoGP Mandalika Tingkatkan Pendapatan 300 UMKM, Totalnya Rp 1,2 M

Jumat, 18 Maret 2022 22:22 WIB
MotoGP Mandalika Tingkatkan Pendapatan 300 UMKM, Totalnya Rp 1,2 M

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 berdampak besar bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri dan memberikan peluang bagi mereka untuk naik kelas. Tercatat, sebanyak 300 pelaku UMKM mengalami peningkatan pendapatan signifikan, mencapai total Rp 1,2 miliar.

"Kami mengumpulkan data langsung di airport, ada 300 UMKM yang ikut mengalami peningkatan hingga Rp 1,2 miliar," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, di Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022, Jumat (18/3).

Menurut Sandi, melimpahnya pendapatan para UMKM tersebut tentu menjadi catatan menarik di awal gelaran MotoGP Mandalika yang mulai berlangsung pada Jumat (18/3) dengan sesi latihan bebas (free practice) 1 dan 2.

Baca juga : Sukseskan MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan 168 Penerbangan Tambahan

Race sendiri akan berlangsung Minggu (20/3). Ajang itu jelas menyedot banyak perhatian penggemar fanatik MotoGP. Setidaknya, ada 400 juta penonton dari seluruh dunia, di setiap serinya.

Ini merupakan salah satu faktor kuat peningkatan pendapatan dari pelaku UMKM di dalam negeri. "Membangkitkan peluang usaha dari para pelaku UMKM, sehingga upaya pemulihan ekonomi nasional bisa cepat," tuturnya. 

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap, keuntungan yang didapatkan pelaku UMKM selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika dapat menutup kerugian yang disebabkan pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air selama dua tahun belakangan.

Baca juga : MotoGP Mandalika 2022, UMKM Lokal Bakal Mendunia

Dengan begitu, pelaku UMKM bisa mendapat kesempatan untuk mengembangkan sayap usahanya menjadi lebih besar dan kembali pulih kembali secara cepat. 

Sementara itu, dari sektor pariwisata, Sandi melihat MotoGP Mandalika memberi keuntungan promosi tak terhingga bagi destinasi pariwisata andalan Lombok.

Destinasi pariwisata itu akan makin tersentralisasi sesuai segmennya, mulai destinasi pariwisata olahraga (sport tourism), destinasi halal, hingga wisata alam.

Baca juga : MotoGP Mandalika Bakal Aman Dari Teror Covid-19

"Destinasi pariwisata alam itu, sekarang membuat Lombok menjadi terkenal sebagai lokasi destinasi honeymoon, karena keindahan, suasana dan panoramanya yang unik," beber Sandi.

Dia pun berpesan untuk mengoptimalkan peluang tersebut  dengan maksimal. Mengingat, MotoGP berpotensi menjangkau banyak masyarakat yang terdapat di berbagai belahan benua. "Itu akan memacu pariwisata Lombok menjadi pulih ke depan, maka Indonesia pun pulih," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.