Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keren! Pertamina Sukses Uji Coba Produksi BBM Dan Pelumas Khusus Racing

Senin, 21 Maret 2022 16:17 WIB
Uji Coba BBM dan Pelumas Racing Pertamina. (Dok. Pertamina)
Uji Coba BBM dan Pelumas Racing Pertamina. (Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) siap merambah pasar internasional setelah sukses memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bahan dasar pelumas, yang memenuhi kualitas BBM dan Pelumas Racing berstandard Internasional.

Corporate Secretary PT KPI, Ifki Sukarya memastikan, kedua produk tersebut telah lolos uji coba tahap awal untuk pengujian karakteristik dengan beberapa parameter yang telah ditetapkan.

Dikatakan, pengujian dilakukan oleh Lemigas (Laboratorium penguji bahan bakar dan pelumas independent bertaraf Internasional) pada kendaraan jenis 650 CC dan 250 CC.

Baca juga : Proyek Super Anti Banjir Baru Berjalan 10 Persen

"Hasilnya, menunjukkan parameter Utama BBM Racing yang diproduksi PT KPI telah sesuai dengan standard FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) untuk Kategori 1 (MotoGP, Moto2, dan Moto3)," kata Ifki dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/3/2022).

Hasil pengujian itu diantaranya menunjukkan bahwa BBM Racing produksi Pertamina memiliki Octane Number tinggi (RON 100 dan MON 90).

Hal ini memastikan bahan bakar dapat beroperasi pada mesin balap yang berkompresi tinggi. Parameter lain yakni pada Existent Gum yang sangat rendah, sehingga memiliki ketahanan oksidasi yang baik pada operasi mesin motor balap yang bertemperatur tinggi.

Baca juga : Pertamina Bor Sumur Eksplorasi SRT-1X Di Musi Banyuasin

"BBM Racing Pertamina juga terbukti memiliki kandungan Sulfur yang rendah sebesar kurang dari 1,0 mg/kg yang memastikan tingkat emisi ramah lingkungan serta memenuhi standard terbaik Internasional," tegas Ifki.

Ifki menegaskan, kualitas pelumas khusus racing dengan base oil produksi PT KPI yang diuji memiliki karakteristik yang setara dibandingkan pelumas khusus racing, dengan base oil full sintetik yang saat ini 100 persen masih diimpor.

"Produksi base oil setara kualitas full sintetik oleh PT KPI ini memberikan opsi harga base oil yang lebih terjangkau dan kompetitif bagi produsen pelumas khusus racing selain juga berpotensi menghemat devisa," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.