Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dukung Spice Up The World, LPEI Siapkan UKM Kuliner Tembus Pasar Ekspor

Sabtu, 26 Maret 2022 09:40 WIB
Foto: Dok. LPEI
Foto: Dok. LPEI

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menekan pentingnya peran para pelaku UKM makanan di industri kuliner, terutama dalam peningkatan ekspor yang signifikan.

Direktur Hubungan Kelembagaan LPEI Chesna F Anwar menegaskan, industri kuliner dianggap penting dan pendekatan ‘gastrodiplomacy’ yang dilakukan sejumlah negara di Asia. Seperti Thailand dan Jepang, menunjukkan peningkatan ekspor yang signifikan.

Berita Terkait : Apkasi Dukung The Next Vibes, Program Pencarian Bakat Online Terbesar Di Indonesia

“Kita dapat belajar dari Gastrodiplomacy Thailand, diplomasi perdagangan yang tujuannya bukan hanya mempromosikan masakan khas suatu negara ke luar negeri. Namun juga meningkatkan daya tarik nilai budaya, serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui ekspor makanan dan sektor pariwisata,” jelas Chesna dalam Focus Group Discussion (FGD) dan pelatihan yang digelar LPEI di Rumah Ekspor Jakarta selama dua hari (24-25 Maret), yang dikutip, Sabtu (26/3).

Dalam FGD tersebut ditekankan bahwa industri kuliner menjadi pembahasan penting para pelaku usaha/UKM makanan Indonesia.

Berita Terkait : Dukung P3DN, LKPP Sediakan Klinik Konsultasi E-Katalog

Kegiatan FGD yang bertajuk ‘Industri Kuliner Siap Ekspor ini jelas Chesna, merupakan bentuk dukungan para pemangku kepentingan untuk mewujudkan keberhasilan Program Pemerintah Indonesia, Spice Up The World (ISUTW).
 Selanjutnya