Dark/Light Mode

Menteri Teten Harap Sarinah Jadi Rumah Bagi UMKM Lebih Berkelas

Selasa, 29 Maret 2022 20:45 WIB
Menkop Teten Masduki saat berkunjung ke Sarinah. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop Teten Masduki saat berkunjung ke Sarinah. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca dibuka, Sarinah diusulkan juga menjadi agregator bagi pemerintah daerah dalam menampung produknya. Dalam kunjungan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ke Sarinah, Senin (28/3)), ia menekankan agar para Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi, mampu mendorong produk unggulan daerah masing-masing untuk memanfaatkan Sarinah sebagai tempat promosi.

"Produk UMKM itu bisa jadi berkelas karena rumahnya sendiri dan narasinya sendiri. Dulu saya agak ngotot ke pengelola mal, agar 20 persen space diberikan untuk UMKM. Tapi ternyata itu bukan rumah mereka, enggak bisa bersaing (pelaku UMKM). Nah ini Sarinah jadi rumah UMKM yang nyaman," ujar Menteri Teten dalam keterangan resminya yang dikutip, Selasa (29/3).

Baca juga : Kemenperin Gembleng Puluhan Ribu Santri Jadi Wirausaha Industri

Menurutnya, Sarinah menjadi contoh nyata bagi pemerintah daerah untuk membangun rumah bagi UMKM. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan gedung tua milik pemerintah, yang diubah menjadi tempat oleh-oleh yang nyaman dan memiliki kualitas produk berdasarkan kurasi terlebih dahulu.

Menteri Teten menegaskan, tempat oleh-oleh itu pasti buatan lokal dan produk UMKM. Tentu tempat tersebut akan memiliki captive market tersendiri dan harus menjamin kualitas produk yang dipasarkan.

Baca juga : Generasi Ketiga Web 3.0 Bisa Jadi Peluang Pertumbuhan KUMKM Di Masa Depan

"Jadi ke depan UMKM itu harus punya narasi kuat untuk menjualnya dan punya tempat sendiri. Kita ini punya banyak gedung-gedung tua di banyak daerah. Jadi jangan lagi jualan di emperan, enggak bakal dihargai," imbuhnya.

Ia juga mengusulkan, daerah itu harus punya agregator, baik itu koperasi atau perusahaan daerah yang membeli dulu produknya, nanti dari perusahaan daerah itu baru masuk ke Sarinah. Tentu nanti kurasi dan sebagainya antara agregator daerah dengan Sarinah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.