Dark/Light Mode

Bedah Rumah Dhuafa, PLN Manfaatkan Limbah Batubara Untuk Bahan Konstruksinya

Sabtu, 9 April 2022 20:25 WIB
PLN merenovasi rumah yang kondisinya memprihatinkan menjadi rumah sehat sederhana dengan memanfaatkan FABA. (Foto: Dok. PLN)
PLN merenovasi rumah yang kondisinya memprihatinkan menjadi rumah sehat sederhana dengan memanfaatkan FABA. (Foto: Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) memanfaatkan limbah batubara dari pembakaran pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) untuk bahan konstruksi program Bedah Rumah Dhuafa di Lampung.

Program Bedah Rumah Dhuafa dilakukan oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung dengan merenovasi rumah milik keluarga Sulam di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Rumah yang kondisinya memprihatinkan itu direnovasi menjadi rumah sehat sederhana dengan memanfaatkan FABA.

Baca juga : Banyak Manfaatnya, PLN Ajak Masyarakat Gunakan Kompor Induksi

Peresmian rumah sehat FABA pertama di Lampung yang dibangun oleh YBM PLN UID Lampung telah dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Nanang Sigit Yulianto dan General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra, pada Jumat, 8 April 2022.

Dengan mata berkaca-kaca, Sulam yang tinggal bersama istri dan seorang anaknya itu, mengungkapkan kebahagiaannya saat menerima penyerahan kunci atas rumahnya yang kini kondisinya sudah layak huni itu.

“Kami sekeluarga hanya bisa mengucapkan ribuan terima kasih, karena berkat perhatian dari PLN dan YBM rasanya kami sulit untuk merenovasi rumah kami ini,” ujar Sulam sambil menahan tangisnya.

Baca juga : Tak Hanya Ucapkan Selamat Puasa, Jokowi Juga Ingatkan Masyarakat Untuk Lengkapi Vaksinasi

Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Nanang Sigit Yulianto menilai program ini sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dia berharap kegiatan semacam itu dapat terus berlanjut pada kesempatan yang akan datang.

“Mudah-mudahan menjadi berkah untuk semuanya, suatu saat tidak hanya rumah ini yang dibedah, mungkin ada yang lain lagi atau mungkin di tempat yang lain lagi,” ujar Nanang.

Baca juga : Tekan Emisi, PLN Manfaatkan Limbah Sawit Jadi Bahan Bakar PLTU Berau

General Manager PLN UID Lampung I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan terima kasih atas terjalinnya kerja sama yang baik antara PLN UID Lampung dengan Kejaksaan Tinggi Lampung.

Kerja sama yang sudah terjalin itu sangat membantu PLN dalam menjalankan amanah pemerintah untuk mewujudkan rasio desa berlistrik di Provinsi Lampung 100 persen.

Dia menjelaskan, PLN sebagai perusahaan BUMN memiliki Yayasan Baitul Maal (YBM) yang mengelola dan menyalurkan dana zakat pegawai PLN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.