Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Manfaatkan Digital Printing Untuk Branding Dan Promosi UMKM

Selasa, 8 Maret 2022 16:17 WIB
Aktivitas produksi di Wellen Print. (Foto: Wellen Print)
Aktivitas produksi di Wellen Print. (Foto: Wellen Print)

RM.id  Rakyat Merdeka - Semakin berkembangnya teknologi mempermudah menjadi seorang entrepreneur atau para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kunci utama adalah niat dan kerja keras. Modal tak lagi menjadi halangan.

CEO Wellen Print, David Wellen, menyarankan bagi seseorang yang mau menjadi entrepreneur untuk memulai usaha dari skala ultramikro, mikro, kecil. Jika ditekuni dengan baik, usaha ini bisa berkembang hingga skala menengah.

“Tempat tidak harus besar. Mulai dari memanfaatkan yang ada di rumah seperti garasi atau teras. Meminimalisir biaya sewa tempat,” terangnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (8/3).

Baca juga : Harga Pertalite Paling Murah Dibandingkan Pesaing

David menambahkan, dukungan keluarga menjadi hal penting untuk memulai usaha. Termasuk belajar mengelola keuangan bisnis, agar tidak tercampur dengan biaya rumah tangga. Jenis usaha yang ingin dibangun juga harus menyesuaikan passion. “Lalu, temukan hal unik dari usaha yang ingin dijalankan. Keunikan ini untuk memikat hati para calon pelanggan” tambahnya.

Tips lain yang tak kalah penting, lanjutnya, adalah promosi. Promosi merupakan hal yang wajib untuk mengenalkan usaha baru kepada pelanggan. Promosi yang tepat sasaran dapat menghemat pengeluaran. “Promosi bisa dilakukan dengan mencetak brosur, kartu nama, stiker kemasan, spanduk, totebag, kaos, atau jenis lainnya,” ucap pengusaha Digital Printing di Jakarta itu. 

David menyarankan, promosi mengenalkan brand baru dilakukan pada berbagai medium. Tujuannya, agar pelanggan selalu mengingat nama brand dan tahu ke mana akan membelinya. Promosi bisa dilakukan kontinyu, sedikit demi sedikit. “Seperti mencetak media promosi sesuai kebutuhan. Saat ini banyak penyedia jasa cetak media promosi tanpa minimum order,” ungkapnya.

Baca juga : Ganjar Pranowo Dapat Dukungan Dari Seniman Dan Dalang Untuk Maju Ke Pilpres 2024

Pelaku UMKM juga harus pintar menciptakan pasar dan pintar membaca peluang sebagai bentuk strategi branding. Menjelang Ramadan dan Idul Fitri, kata David, permintaan cetak cukup tinggi. 

Souvenir untuk hampers, merchandise, dan usaha baru pun tepat untuk dimulai. Karena bisnis yang sukses adalah bisnis yang dimulai, tidak sekadar direncanakan,” jelas David.

Misalnya, di Wellen Print, yang sudah berdiri sejak 2007, telah berkontribusi mengembangkan UMKM di Indonesia. Sudah ada jutaan sticker label botol minuman dan minuman kemasan, tumbler, kaos, sajadah, serta mug yang diproduksi. Tak hanya melayani di toko offline, Wellen Print juga dapat dipesan melalui marketplace di Shopee atau Tokopedia. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.