Dark/Light Mode

Lewat Rumah BUMN, PLN Ajak Kayla Mutiara Lombok Mendunia

Senin, 11 April 2022 16:59 WIB
Mampu menembus pasar mancanegara, setiap produk yang dipasarkan oleh Kayla Mutiara Lombok telah dilengkapi dengan surat-surat serta sertifikat dari lembaga berwenang. (Dok. PLN)
Mampu menembus pasar mancanegara, setiap produk yang dipasarkan oleh Kayla Mutiara Lombok telah dilengkapi dengan surat-surat serta sertifikat dari lembaga berwenang. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kayla Mutiara Lombok, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat berhasil memasarkan produknya ke berbagai negara setelah mendapatkan pendampingan lewat program Rumah BUMN (RB).

Dengan omzet hampir mencapai Rp 420 juta, salah satu produk andalan NTB ini telah dinikmati oleh pecinta mutiara hingga ke luar negeri, seperti Hong Kong, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Korea Selatan.

Galeri milik Yulida Samad yang terletak di Jalan Raya Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, memiliki produk unggulan mutiara air laut dan mutiara air tawar.

Baca juga : Bedah Rumah Dhuafa, PLN Manfaatkan Limbah Batubara Untuk Bahan Konstruksinya

Selain mampu menembus pasar mancanegara, setiap produk yang dipasarkan oleh Kayla Mutiara Lombok telah dilengkapi dengan surat-surat serta sertifikat dari lembaga berwenang.

“Saya berterima kasih kepada PLN atas kesempatan yang diberikan di tahun 2019 lalu, yaitu mengikuti pameran di Korea Selatan. Ini membuka jalan untuk Kayla Mutiara di pasar internasional", tutur Yuli.

Sebagai anggota dari Rumah BUMN Lombok Barat, Yulida mengaku telah mengikuti berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai salah satu UMKM di Pulau Lombok.

Baca juga : Ajal Masyarakat

"Kami banyak mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Rumah BUMN Lombok Barat. Banyak sekali jenis pelatihan yang diadakan, mulai dari pemasaran, manajemen keuangan, foto produk, pengelolaan media sosial dan juga manajemen pelanggan," ujarnya.

Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN NTB Refa Purwati, menyampaikan kehadiran RB bagi para pelaku UMKM menjawab tantangan utama pengembangan usaha dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan.

Melalui RB, PLN berkomitmen, selain terus menjaga keandalan penyediaan listrik, juga akan mendukung pengembangan UMKM di NTB.

Baca juga : Banyak Manfaatnya, PLN Ajak Masyarakat Gunakan Kompor Induksi

“Kami berharap, dengan adanya RB Lombok Barat, UMKM di Lombok dapat tumbuh dan memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ekonomi masyarakat di sekitarnya, terutama di NTB pada umumnya”, ujar Refa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.