Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Telkom Percepat Digitalisasi UMKM Di Tanah Minang

Jumat, 15 April 2022 23:36 WIB
Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya (kanan) menyampaikan penjelasan mengenai Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia yang dikembangkan oleh Telkom kepada Wakil Presiden, Ma’ruf Amin yang ditampilkan pada booth milik Telkom, Selasa (12/4).
Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya (kanan) menyampaikan penjelasan mengenai Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia yang dikembangkan oleh Telkom kepada Wakil Presiden, Ma’ruf Amin yang ditampilkan pada booth milik Telkom, Selasa (12/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Maju Berkah Basamo UMKM di Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, dan Kota Padang, mulai April hingga Juni 2022. 

Tak hanya dukungan akses layanan internet dan penyediaan booth UMKM binaan, Telkom turut menghadirkan virtual expo selama kegiatan Gernas BBI berlangsung di ranah minang. Dengan platform berbasis web sebagai bentuk inovasi digital 3-Dimensi yang hadir melalui solusi Virtual Exhibition, Telkom memberikan pengalaman daring yang interaktif selama berjalannya pameran, expo, atau conference bagi pengunjung. 

Baca juga : Obral Sertifikat Halal Gratis Bagi UMK, Ini Alasan Kemenag

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengatakan, kegiatan Gernas BBI  ini merupakan salah satu sarana bagi UMKM untuk memasarkan produknya dan menjangkau target pembeli yang lebih luas. 

“Ini juga menjadi momen yang tepat untuk mengajak lebih banyak UMKM untuk go digital, di mana saat ini lebih dari 300 UMKM telah bergabung. Sementara itu bagi pengunjung dan masyarakat, virtual expo akan memberikan kemudahan dalam berbelanja berbagai produk unggulan UMKM khususnya khas Sumatera Barat,” ungkap Budi usai grand opening ceremony Gernas BBI Sumatera Barat.

Baca juga : Belanja Di Pasar Bisa Pakai JakOne Mobile

Lebih lanjut Budi mengatakan, Telkom secara khusus sangat peduli terhadap pengembangan UMKM. Secara berkelanjutan, Telkom memberikan dukungan kepada UMKM, baik melalui penyediaan akses internet, pelatihan dan pembinaan bagi UMKM, penyediaan sarana Rumah BUMN hingga platform Pasar Digital (PaDi) UMKM yang telah dibangun oleh Kementerian BUMN yaitu marketplace bagi BUMN untuk belanja kebutuhan operasional BUMN terhadap produk-produk UMKM. 

Kehadiran virtual expo dan PaDi UMKM memungkinkan UMKM untuk melakukan ekspansi yang berpeluang untuk meningkatkan penjualan produk. Selain itu, produk-produk UMKM di daerah dapat dikenal lebih luas oleh seluruh Indonesia. Dengan teknologi digital, keragaman budaya Indonesia dengan segala keunikannya juga dapat dimajukan sehingga lebih dikenal, tidak hanya di Indonesia tapi juga ke mancanegara.

Baca juga : Bamsoet Dorong Percepatan Digitalisasi Ekonomi UMKM

“Virtual expo ini menjadi salah satu langkah yang baik untuk mempercepat geliat ekonomi lokal dan tentunya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Semoga virtual expo ini akan menjadi strategi yang bagus dan praktis bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya. Ke depannya, Telkom akan terus mendukung UMKM untuk terus maju dan berdaya saing global,” tambah Budi.

Gernas BBI Maju Berkah Basamo UMKM Sumatera Barat, merupakan program yang bertujuan untuk mengangkat ekonomi dan budaya Provinsi Sumatera Barat melalui pemanfaatan digital di bidang UMKM dan pariwisata agar bangkit, berkembang, berjaya, menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan dikenal hingga ke penjuru dunia. Adapun rangkaian kegiatan dalam Gernas BBI Maju Berkah Basamo UMKM Sumatera Barat antara lain bazaar UMKM, live shopping, business matching dan penyaluran akses permodalan serta pendampingan intensif kepada pelaku UMKM. [MFA].
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.