Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Gelar Pelatihan E-commerce Gali Produk Unggulan Mentawai

Rabu, 20 April 2022 19:19 WIB
Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Novieta pada pembukaan pelatihan E-Commerce bagi Usaha Mikro di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (20/4). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Novieta pada pembukaan pelatihan E-Commerce bagi Usaha Mikro di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (20/4). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Dari sekitar 64 juta pelaku UMKM nasional tercatat UMKM di Provinsi Sumatera Barat ada 141.759 unit usaha (data desember 2021), jumlah koperasi  856 (Juni, 2020).

Di Kepulauan Mentawai ada  101 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sudah terdaftar dalam aplikasi Online Single Submission (OSS).

Baca juga : Menkominfo Dorong BUMN & Swasta Pakai Produk Dalam Negeri

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake mengatakan, masuk dalam kelompok daerah 3T namun sebenarnya Mentawai memiliki kekayaan sumber daya alam yang dapat meningkatkan perekonomian daerah. 

Ia memastikan, akan terus berjuang agar Kepulauan Mentawai tidak lagi tergolong daerah miskin mengingat potensi pariwisata yang dimiliki daerah tersebut sangat besar.

Baca juga : Kemenkop UKM Support Pembiayaan Produk Bambu Di Ngada, NTT

“Ada tiga produk unggulan daerah, sagu, keladi dan pisang tetapi persoalannya teknologi pengolahanya masih tradisional, belum berkembang dan konsumennya juga masih masyarakat lokal,” ujar Kortanius. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.