Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Biang Macet Mudik

Pasar Tumpah Mesti Dijaga

Selasa, 26 April 2022 07:50 WIB
Ilustrasi pasar tumpah yang menimbulkan kemacetan. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)
Ilustrasi pasar tumpah yang menimbulkan kemacetan. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw mengatakan, arus mudik Lebaran tahun ini rawan macet karena antusiasme warga yang tinggi. Apalagi, Pemerintah memprediksi sekitar 85 juta orang akan melakukan mudik.

Salah satu penyebab kemacetan saat mudik Lebaran, kata Robert, adalah hadirnya pasar kaget di sejumlah titik. Hal ini kata dia harus dapat diantisipasi oleh pemerintah, aparat kepolisian, dan masyarakat.

“Pemerintah bisa mengantisipasi kemacetan di daerah karena biasanya muncul pasar kaget atau pasar tumpah. Harus dijaga karena setiap mudik Lebaran, ini (pasar kaget) yang membuat kemacetan,” ujar politikus Nasdem ini.

Baca juga : Jaminan Keamanan Pemudik Ke Sumatera

Untuk jalan tol, Robert mengingatkan agar para petugas di lapangan benar-benar sigap melihat situasi dan kondisi. Jika ada tanda-tanda arus kendaraaan mulai padat, maka perlu dilakukan berbagai skema antisipasi.

Ia meyakini, dengan berbagai kebijakan yang diberlakukan akan mengurangi kemacetan yang ada saat mudik Lebaran. Apalagi, pembangunan infrastruktur jalan sudah sangat bagus dan baik.

“Potensi kemacetan setidaknya bisa berkurang karena infrastruktur sudah baik dan bisa mengurangi kemacetan dan kecelakaan bisa ditekan,” harap dia.

Baca juga : Dishub DKI Berlakukan Buka Tutup Lalin

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menambahkan, faktor komunikasi dan koordinasi antar para pelaksana dan masyarakat sangat penting dilakukan agar arus mudik berjalan lancar.

“Sebagian masyarakat mudik lebih awal karena merespons anjuran pemerintah. Petugas dari sejumlah instansi mengawal kelancaran arus mudik dituntut berkoordinasi dengan baik,” ujar Lestari dalam keterangannya, kemarin.

Lestari berharap, sejumlah kebijakan mengantisipasi macet mudik dapat terealisasi sesuai rencana. Seperti pemberlakuan ganjil-genap dan arus searah untuk pemudik, mudik gratis dari sejumlah instansi swasta dan pemerintah, kesiapan moda transportasi untuk para pemudik dan kesiapan infrastruktur pendukung mudik lainnya.

Baca juga : Jaga Situasi Terkendali Pada Masa Mudik, Pemerintah Perpanjang PPKM

Rerie meminta para petugas siap siaga menjalankan strategi pengaturan arus mudik hingga arus balik Lebaran. “Dukungan masyarakat dalam bentuk kepatuhan terhadap sejumlah peraturan yang diterapkan juga sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Menurut Rerie, strategi mengatasi macet butuh sosialisasi agar mudah dipahami masyarakat dan para pelaksana di lapangan. Dengan begitu, pelaksanaan mudik bisa berjalan lancar sesuai rencana, sehingga mudik tahun ini bisa memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.