Dark/Light Mode

Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Erick: Core Values AKHLAK Harus Jadi Revolusi Kultural

Rabu, 18 Mei 2022 20:08 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dalam pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dalam pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir membekali calon pegawai BUMN dengan core values AKHLAK.

Hal ini disampaikan Erick saat memberi pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN 2022 bertajuk "Berkarya untuk Indonesia" di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5).

"BUMN menguasai sepertiga ekonomi Indonesia. Tapi, kalau individunya punya akhlak yang tidak baik, pasti kita tidak akan berhasil. Maka, core values AKHLAK harus menyerap sebagai revolusi kultural. Kita harus punya itu. Kita harus punya kekuatan moral dan karakter," papar Erick.

Menurutnya, transformasi BUMN tanpa pembentukan karakter tidak akan menghasilkan apa-apa. Bagi Erick, transformasi BUMN maupun transformasi kebangsaan harus berlandaskan kepemimpinan.

Baca juga : Rekrutmen Bersama BUMN Ditutup Besok, Cek Daftar Lowongan Kerja di PLN

Masyarakat yang memiliki akhlak dan karakter yang baik, akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan juga makmur.

"Kekuasaan tanpa akhlak akan menjadi sebuah kezaliman. Kekayaan tanpa akhlak akan menjadi sebuah kerakusan. Dan kepintaran tanpa akhlak akan menciptakan tipu daya," kata Erick.

Program rekrutmen bersama.uga merupakan komitmen nyata BUMN, dalam mendukung kepemimpinan yang berkelanjutan. Dengan menyiapkan fondasi bagi para generasi muda.

Erick mengatakan, sebanyak 53 persen dari total penduduk Indonesia saat ini merupakan generasi muda.

Baca juga : DPR: Tidak Perlu Kita Ributkan

"Keberlanjutan kepemimpinan harus dimulai dari hari ini. Oleh karena itu, kita berikan kesempatan selebar-lebarnya untuk generasi muda gabung BUMN. Jumlah milenial di BUMN sekarang sekitar 65 persen. Kita akan dorong sampai 80 persen," lanjut Erick.

Erick juga memastikan, perekrutan 2.700 pegawai BUMN dilakukan secara profesional dan transparan. Dengan demikian, BUMN akan mendapatkan talenta-talenta muda terbaik bangsa, yang akan berkontribusi besar bagi Indonesia ke depan.

"Dalam perekrutan BUMN, tidak ada yang namanya anak sultan atau anak saya. Kita transparan. Kalau budaya di awal sudah salah, bagaimana mau menatap masa depan. Tidak ada titipan. Karena, kita ingin mendapatkan yang terbaik," tegas Erick.

Mengingat antusiasme yang luar biasa, Erick meminta para direksi juga memberikan program magang untuk 2.300 peserta rekrutmen.

Baca juga : Gelar RUPS, Tunas Ridean Raih Pendapatan Bersih Rp 12,2 T

Peserta yang gagal dalam seleksi saat ini, akan mendapat prioritas utama dalam program rekrutmen bersama BUMN berikutnya.

"Kita bangun bangsa. BUMN harus menjadi kuat. Percayalah, kalian para milenial adalah komponen terbesar bagi BUMN, dalam menghadapi perubahan. BUMN adalah pilihan orang-orang terbaik. Kalian yang diterima adalah orang-orang terbaik, yang diberi kesempatan membangun bangsa dengan amanah dan profesional," tandas Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.