Dark/Light Mode

Dukung EBT, AP I Bangun PLTS Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Kamis, 19 Mei 2022 21:07 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dok. Angkasa Pura I)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I atau AP I bersama anak usahanya yaitu Angkasa Pura Properti membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Pembangunan PLTS ini merupakan salah satu perwujudan misi Angkasa Pura I untuk memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan.

Dan, pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk menekan emisi karbon sekaligus juga mendukung perhelatan KTT G20 di Bali.

Baca juga : AP I Optimis Trafik Penumpang Di Bandara Ngurah Rai Meningkat

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menegaskan, sebagai pengelola bandara pihaknya berkomitmen mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan melalui penerapan konsep Eco Airport, pemanfaatan EBT dan penggunaan energi bersih secara berkelanjutan.

"Pembangunan PLTS ini sekaligus menjadi langkah awal dari komitmen besar kami dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan net zero emission (NZE) di tahun 2060,” ujar Faik Fahmi.

Untuk tahap awal, PLTS berupa 288 unit solar panel system (photovoltaics) dengan kapasitas maksimal 155 kilo watt peak (kWp), akan dipasang dan menyuplai energi surya untuk area Gedung Parkir Internasional, Gedung Parkir Domestik dan Toll Gate Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Baca juga : Angkasa Pura I Pede Trafik Penumpang Meningkat Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

PLTS ini dibangun dan akan dikelola oleh anak usaha Angkasa Pura I yaitu Angkasa Pura Properti yang telah memiliki Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL).

PLT Direktur Utama Angkasa Pura Properti, Ristiyanto Eko Wibowo mengatakan bahwa, pembangunan PLTS di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi perusahaan dalam mendukung terwujudnya misi Angkasa Pura I sebagai induk perusahaan.

Pembangunan dan pengelolaan PLTS ini merupakan bentuk kepercayaan dari Angkasa Pura I terhadap Angkasa Pura Properti untuk bersama-sama mewujudkan pemanfaatan EBT dan energi bersih dalam mendukung operasional bandara-bandara di Indonesia.

Baca juga : Keren, Bandara I Gusti Ngurah Rai Manjakan Pelanggan Dengan Akses Internet 5G

"Ini juga menjadi portofolio bisnis baru bagi Angkasa Pura Properti yang tahun ini sedang melakukan transformasi strategi bisnis untuk menjadi pemimpin dalam perusahaan pengelola properti dan konstruksi di segmen industri Aviasi dan Pariwisata,” tambah Ristiyanto Eko Wibowo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.