Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng BTN, PUPR Bantu Pegawai Honorer Miliki Rumah Subsidi

Rabu, 27 April 2022 23:16 WIB
Pegawai honorer PUPR akad kredit rumah subsidi dii BTN.
Pegawai honorer PUPR akad kredit rumah subsidi dii BTN.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) untuk memfasilitasi para pegawai honorer yang bekerja di instansi Pemerintah untuk memiliki rumah bersubsidi. 

Rumah bersubsidi tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja para pegawai honorer serta mendorong agar mereka memiliki rumah yang layak huni untuk keluarganya. 

“Kami (Kementerian PUPR-red) bersama BTN ingin membantu para pegawai honorer yang bekerja di  Direktorat Jenderal Perumahan untuk memiliki rumah bersubsidi Pemerintah. Jika mereka telah memiliki rumah setidaknya mereka bisa lebih bersemangat dalam bekerja dan memberikan ketenangan bagi keluarga karena sudah memiliki rumah sendiri,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat menghadiri Akad Kredit Perumahan Bagi Pegawai Honorer di Kantor Cabang BTN Kementerian PUPR, Rabu (27/4).

Baca juga : Gandeng BKPN, Gopay All Out Beri Perlindungan Konsumen

Iwan menerangkan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi kepemilikan rumah melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi untuk para pegawai honorer. Mereka juga diberikan referensi pilihan lokasi perumahan bersubsidi Pemerintah yang ada di wilayah Jabodetabek.

“Untuk tahap awal kami memang baru mensosialisasikan kepada pegawai honorer yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan. Tapi apabila nanti jumlah pegawai honorer yang berminat semakin banyak akan kami sosialisasikan lebih masif sehingga lebih banyak yang bisa memiliki rumah bersubsidi,” terangnya.

Sosialisasi tersebut, imbuhnya, dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh seluruh Kepala dan para pegawai honorer yang bertugas di pusat maupun Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P). Dari hasil sosialisasi diperoleh data bahwa ada sebanyak 1.077 pegawai yang menyatakan minat untuk memiliki rumah bersubsidi. 

Baca juga : Deteksi Awal Gen Penyebab Kanker Payudara Kini Bisa Dilakukan Dari Rumah

“Alhamdulillah sebelum cuti lebaran terdapat minat pegawai yang ingin memiliki rumah bersubsidi ada 1.077 orang.  Hingga saat ini setelah dilaksanakan verifikasi dan mengisi kelengkapan data untuk KPR bersubsidi ada 264 orang dan tiga di antaranya siap untuk melakukan akad kredit di BTN. Kami harap setelah Lebaran akan lebih banyak pegawai yang melaksanakan akad kredit dan melengkapi dokumen KPR,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Consumer BTN, Hirwandi Gafar menerangkan, pihaknya siap mendukung Kementerian PUPR untuk membantu para pegawai, baik honorer maupun PNS memiliki rumah yang layak dengan angsuran yang terjangkau. 

Selain itu, BTN juga siap mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mewujudkan hunian layak bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga : GERMAK Ajak Rakyat Ikut Awasi Penyaluran Migor Curah Subsidi

“Saat ini kami memiliki program Lebaran di rumah baru yang bisa dimanfaatkan oleh para pegawai di Kementerian PUPR. Kami akan memberikan kemudahan dalam proses dan diskon untuk biaya administrasi dan provisi KPR sebesar 90 persen sehingga bisa mempercepat akad kredit rumah bersubsidi,” katanya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.