Dark/Light Mode

Siap Sambut Investor

PLN Perkuat Keandalan Kelistrikan Di KEK Sei Mangkei

Senin, 23 Mei 2022 19:55 WIB
PLN siap melayani seluruh kebutuhan listrik bagi para pengusaha dan investor yang ingin berinvestasi di KEK Sei Mangkei, Sumatera Utara. (Foto: Dok. PLN)
PLN siap melayani seluruh kebutuhan listrik bagi para pengusaha dan investor yang ingin berinvestasi di KEK Sei Mangkei, Sumatera Utara. (Foto: Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) ikut mendukung peningkatan realisasi investasi di daerah, dengan mengawal keandalan ketenagalistrikan. Salah satunya dengan menyiapkan gardu induk untuk menyuplai kebutuhan listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung berharap adanya gardu induk Sei Mangkei, kebutuhan listrik investor di KEK Sei Mangkei dapat terpenuhi.

“PLN siap melayani seluruh kebutuhan listrik bagi para pengusaha dan investor yang ingin berinvestasi di Sumatera Utara, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut," ujar Pandapotan.

Baca juga : Sahabat Ganjar Beri Pelatihan Keterampilan Ke Siswa 18 SMK Se-Solo Raya

Pandapotan menjelaskan, kehadiran gardu induk Sei Mangkei ini akan mentransformasikan tegangan listrik yaitu dengan menurunkan tegangan tinggi menjadi tegangan menengah.

"Selanjutnya, akan didistribusikan ke KEK Sei Mangkei seluas 167.8 hektare (Ha)," terangnya.

Adapun pasokan utama kelistrikan untuk KEK Sei Mangkei, lanjut Pandapotan, berasal dari PLN dan beberapa produsen listrik swasta (independent power producer/IPP) menggunakan energi baru terbarukan (EBT) dengan total daya 25,2 MW.

Baca juga : Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Saat ini, kebutuhan penggunaan listrik di KEK Sei Mangkei telah digunakan oleh sembilan perusahaan ternama dengan daya sebesar 7,28 MW.

"Diperkirakan beban listrik di kawasan ini bakal bertambah 16 MW hingga 2025, sehingga total daya di wilayah tersebut sebesar 23,28 MW," ungkapnya.

Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2012 pada 27 Februari 2012 dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Januari 2015.

Baca juga : Kenalkan Tari Piring Di Keio University

Kehadiran KEK Sei Mangkei diharapkan dapat mendorong meningkatkan investasi di Tanah Air. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.