Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Sabtu, 21 Mei 2022 16:08 WIB
CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (kanan)/Ist
CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (kanan)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Membaiknya penanganan pandemi Covid-19 disambut baik para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi izin acara keramaian yang dikeluarkan pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya industri pernikahan, yang sudah 2 tahun lesu imbas pembatasan kegiatan masyarakat.

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan mengatakan, industri pernikahan berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi.

Industri pernikahan memiliki korelasi erat dengan para vendor atau pekerja yang mayoritas pelakunya berada pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Setiap event pernikahan, paling sedikit bisa menyerap 70 tenaga kerja. Bahkan untuk pernikahan kelas akbar bisa melibatkan 200 tenaga kerja. Kebangkitan industri pernikahan amat ditunggu oleh orang-orang yang mencari nafkah di sini," tutur Peter dalam press confrence Ohana Wedding Festival (OWF 2022) yang berlangsung di Gedung Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5). 

Kebangkitan industri pernikahan, disebutkan  Peter, mampu memberikan efek domino terhadap perbaikan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

Baca juga : Transisi Menuju Endemi Ujian Untuk Masyarakat

Atas dasar tersebut, dirinya melalui Ohana Enterprise memutuskan mengadakan kegiatan OWF 2022 yang bersifat gratis, baik bagi para partisipan vendor maupun bagi para pengunjung, yang ingin mengunjungi pameran berskala nasional tersebut. 

"Kami menggratiskan setiap vendor yang terlibat untuk berpartispasi dalam kegiatan pameran ini. Tujuannya untuk membangkitkan kembali industri pernikahan di Tanah Air," ungkapnya. 

Strategi menggratiskan biaya keikutsertaan pameran OWF 2022 disambut baik oleh para vendor pernikahan. 

Peter menerangkan, terdapat 140 vendor yang memutuskan ikut berpartisipasi dalam kegiatan OWF 2022. Setelah melalui masa kurasi, akhirnya terpilih 70 vendor yang bisa berpartispasi dalam kegiatan OWF 2022. 

Karena banyak yang ingin terlibat, pihaknya mengkurasi hingga 50 persen dari jumlah vendor yang mendaftar. 

Baca juga : Pertamina Disuntik Obat Kuat Dong

“Hal ini kami lakukan untuk menjaga kualitas vendor yang akan terlibat dalam pameran, sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi para calon pengantin yang nantinya akan menjadi klien," jelasnya. 

Untuk semakin meramaikan rangakaian acara OWF 2022 yang berlangsung selama 2 hari sejak Sabtu (21/5) hingga Minggu (22/5), Peter mengatakan, Ohana juga menyediakan hadiah menarik bagi para pengunjung. 

Hadiah yang telah disiapkan adalah 1 paket pernikahan gratis di salah satu hotel bintang 4 di Jakarta, foto prewedding gratis di Bali dan Labuan Bajo untuk 10 pasangan, paket bulan madu di Bali, serta paket voucher staycation di Hotel Jakarta.

"Hadian tersebut akan diundi di akhir acara pameran OWF 2022. Antusiasme publik sangat tinggi, pengunjung yang sudah melakukan jadwal RSVP mencapai 1.000 calon pengantin," ungkapnya. 

Ohana Enterprise merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pernikahan. Sepak terjangnya di industri pernikahan sudah dikenal luas oleh masyarakat. 

Baca juga : Menko Polhukam Hadiri Pelantikan Presiden Timor Leste

Ohana Enterprise berdiri sejak tahun 2014, berawal dari satu ballroom yang berada di Kawasan Gading Serpong, Tangerang. 

Saat ini, Ohana telah bekerja sama dengan ratusan gedung yang tersebar di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Balikpapan, hingga Bali.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.