Dark/Light Mode

Gelar Tur Ke Eropa Sampai Awal Juni

Promosi Forum B20, Kadin Rayu Investor

Jumat, 27 Mei 2022 06:35 WIB
KADIN Indonesia menandatangani MoU bersama Swiss Business Federation Economiesuisse dan Swiss Innovation Agency Innosuisse, (26/5). (Foto : Dok. Kadin Indonesia).
KADIN Indonesia menandatangani MoU bersama Swiss Business Federation Economiesuisse dan Swiss Innovation Agency Innosuisse, (26/5). (Foto : Dok. Kadin Indonesia).

 Sebelumnya 
Kerja sama tersebut, lanjut dia, di antaranya membahas upaya untuk membangun human capital melalui sejumlah cara seperti vokasi, yakni berbicara mengenai business matching antara UMKM di Indonesia dan Swiss. Jadi, yang paling penting adalah action plan-nya.

Selain action plan, Kadin, Economiesuisse, dan Innosuisse, juga membangun council (de­wan) bersama antara Indonesia dan Swiss yang akan membahas perdagangan dan investasi.

“Perdagangan dan investasi, harus ada sustainabilty ya, kar­ena kami memikirkan ke depan,” ucapnya.

Baca juga : Resmi Digelar, B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia

Lebih lanjut, Arsjad menu­turkan bahwa kerja sama Kadin dengan Economiesuisse akan saling menguntungkan ekonomi kedua negara. Tentunya dengan memanfaatkan jaringan sek­tor swasta dan publik masing-masing. Serta bertindak sebagai platform untuk memfasilitasi business matching dan dialog dengan mitra potensial.

Sementara, kerja sama dengan Innosuisse, memegang peranan penting untuk mempercepat pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Termasuk meningkatkan inklusi digital melalui program inovasi berbasis sains, transfer pengeta­huan, dan pendanaan proyek.

“Saya yakin melalui MoU ini dapat mencapai lebih banyak pe­luang, dan bisa terus memberi­kan pertumbuhan ekonomi yang lebih tangguh dan berkelanjutan,” kata Arsjad.

Baca juga : Cari Investor Untuk Energi Hijau, B20 Indonesia Roadshow Ke AS-Kanada

Shinta Kamdani menambah­kan, pembahasan mengenai sustainable energy juga menjadi perhatian Indonesia dalam Presi­densi G20, dan Kadin sebagai penyelenggara B20.

“Kadin mengangkat semua isu tersebut. Kami ingin menunjuk­kan keseriusan dan mempunyai project. Melalui Presidensi G20 Indonesia dan Kadin di B20, Presiden ingin kami memperoleh hasil, tidak hanya pembahasan kebijakan saja,” ujar Shinta.

Meski Swiss bukan anggota G20, Kadin berharap bisa men­jadi mitra Indonesia di masa de­pan. Khususnya melalui project sustainable council kemitraan Indonesia dan Swiss. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.