Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmi Digelar, B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia

Selasa, 17 Mei 2022 19:03 WIB
Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid (Foto: KADIN Indonesia)
Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid (Foto: KADIN Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk pertama kalinya, B20 Sustainability 4.0 Awards digelar demi meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia. 

Penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat kesadaran, terhadap pentingnya sustainabilitas dan dampak besarnya bagi kehidupan dan dunia usaha di masa mendatang.

B20 Sustainability 4.0 Awards yang merupakan bagian dari program kerja sama antara Eropa dan Indonesia, dalam gelaran side event B20 Indonesia 2022, diprakarsai oleh SwissCham bersama KADIN Indonesia, Eurocham, Britcham, Ekonid, IBAI, IFCCI dan Universitas Trisakti.

 

Wakil Ketua Umum KADIN Koordinator Bidang Maritim, Investasi dan Hubungan Internasional, sekaligus Ketua Penyelenggara B20 Shinta Widjaja Kamdani (kedua kanan) saat menghadiri peluncuran B20 Sustainability 4.0 Awards bersama Dubes Uni Eropa untuk RI Vincent Piket, Dubes Swiss untuk RI, Timor Leste dan ASEAN Kurt Kunz, Head of Sustainability & Innovation Sectoral Group SwissCham Christophe Piganiol, serta Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Lingkungan Hidup & Kehutanan Silverius O. Unggul di Jakarta, Selasa (17/5). (Foto: KADIN Indonesia)

 

Baca juga : Cari Investor Untuk Energi Hijau, B20 Indonesia Roadshow Ke AS-Kanada

Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan, dengan mengidentifikasi dan mengenali proyek-proyek keberlanjutan yang berdampak tinggi, dari bisnis swasta di Indonesia.

Penghargaan berfokus pada air bersih, pengurangan plastik dan daur ulang, serta peran perempuan Indonesia dalam lingkungan.

Fokus lainnya, mencakup digital sustainability dan emisi karbon.

Terkait hal ini, Duta Besar (Dubes) Swiss untuk RI dan Timor Leste, Kurt Kunz mengatakan, negaranya akan terus bermitra dan mendukung upaya Indonesia. Dalam mencapai pembangunan ekonomi berkelanjutan, yang didukung oleh tenaga kerja terampil Indonesia.

"Saya mengajak serta semua perusahaan Swiss di Indonesia, untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan mereka di Indonesia, untuk bersama mewujudkan sustainable development goals (tujuan pembangunan berkelanjutan),” kata Dubes Kunz, Selasa (17/5).

Baca juga : Kumpulkan CEO Perusahaan Global, Presidensi B20 Bahas 3 Topik Penting

Sementara Dubes Uni Eropa (EU) untuk RI, Vincent Piket mengapresiasi inisiasi B20 Sustainability 4.0 Awards.

Menurutnya, upaya pemerintah dan korporasi yang beroperasi di Indonesia untuk mengembangkan praktik sustainabilitas dalam aspek bisnis, perlu didukung oleh semua pihak.

"Kami merasa terhormat bisa menjadi bagian dalam upaya kolektif, untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya keberlanjutan untuk masa depan yang lebih baik bagi masyarakat, lingkungan dan ekonomi," tutur Dubes Vincent.

Dia menilai, pelaksanaan G20 dan B20 dapat menjadi momentum yang baik untuk menunjukkan inovasi praktik pembangunan berkelanjutan. Serta sharing informasi pengembangannya di antara negara-negara G20.

Saat ini, KADIN tengah mendorong adopsi ESG (environment, social, and good governance) di kalangan dunia usaha. Dalam hal ini, upaya dekarbonisasi dan peningkatan investasi di sektor usaha yang ramah lingkungan.

Baca juga : Gugus Tugas B20 Dukung Transisi Energi Pada G20

Investasi yang mengedepankan aspek-aspek ESG bukan lagi pilihan atau bersifat sukarela.

Perilaku konsumen, pasar dan investor yang berubah, mengharuskan ESG diterapkan dan ditegakkan oleh pelaku usaha dengan dukungan penuh pemerintah. Demi keberlanjutan usaha.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, kinerja ESG untuk keberlanjutan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.