Dark/Light Mode

Gandeng BPKP, Bank Mandiri Layani Pengelolaan Keuangan Daerah Secara Digital

Selasa, 31 Mei 2022 11:59 WIB
Kerja sama Bank Mandiri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), (Foto: Dok. Bank Mandiri)
Kerja sama Bank Mandiri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), (Foto: Dok. Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggaet Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), melakukan digitalisasi transaksi pencairan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana).

Kerja sama keduanya dalam upaya mendukung pengembangan ekonomi daerah. Salah satunya adalah upaya penguatan pengelolaan keuangan daerah melalui strategi digitalisasi transaksi finansial Pemerintah Daerah (Pemda).

Baca juga : Mahfud Kirim Doa, Harap Segera Ada Kepastian Keberadaan Emmeril

Dalam kerja sama ini, Bank Mandiri akan melayani pencairan SP2D, melalui kanal Kopra Host to Host (Mandiri Corporate Payable). Di mana layanan tersebut terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Next-G berbasis web milik BPKP, atau lebih dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS).

Layanan ini akan dilengkapi dengan fitur validasi rekening penerima dana, pembuatan ID Billing dan pembayaran Pajak melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) secara real time, dengan keamanan sistem yang terbaik.

Baca juga : Messi Muak Dengan Laporta

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pihaknya juga menyiapkan layanan reporting atas keberhasilan transaksi SP2D secara harian. Dengan demikian, pemanfaatan anggaran Pemda dapat termonitor secara baik dan dioptimalkan untuk kepentingan masyarakat.

“Sejalan dengan visi Bank Mandiri untuk menjadi mitra keuangan utama pilihan nasabah dan masyarakat dengan layanan keuangan digital yang andal, kami terus menggali inisiatif kerja sama dengan berbagai stakeholder utama agar Bank Mandiri dapat semakin hadir di tengah masyarakat Indonesia,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya, Selasa (31/5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.