Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelaran Mudik Lancar, Pengamat Nilai Pelayanan BBM Pertamina Patra Niaga Excellent

Jumat, 20 Mei 2022 13:50 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hajatan besar masyarakat Indonesia tahun ini, yaitu kegiatan mudik dan arus balik Lebaran 2022 telah selesai dilakukan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, termasuk ketersediaan pasokan BBM di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan oleh Sub Holding Commercial and Trading (C&T), dalam hal ini PT Pertamina Patra Niaga (PPN).

Keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang excellent ini tidak terlepas dari kesiapan yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN) dalam menghadapi hajatan besar yang sempat tertunda selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Pelayanan maksimal yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga tersebut mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Koordinator Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI) Sofyano Zakaria menilai, apa yang dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga sudah sangat bagus, bahkan luar biasa dan layak untuk mendapatkan apresiasi. 

Baca juga : Pengamat Ramai-ramai Kasih Jempol Buat Pertamina

"Saya mewakili rekan-rekan pengamat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya menyampaikan terima kasih atas upaya Pertamina Patra Niaga, dalam menjaga pasokan BBM kepada seluruh masyarakat Indonesia selama kegiatan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini," ujar Sofyano, Jumat (20/5).

Menurutnya, hal ini membuktikan ketulusan Pertamina dalam melayani masyarakat. "Selama Lebaran kemarin, para pegawai Pertamina baik itu Satgas maupun para petugas SPBU tidak mengambil cuti dan bekerja seperti biasa," bebernya.

Direktur Executive Energy Watch Manit Setiawan juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan PT Pertamina Patra Niaga sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Baca juga : Pengamat: Kalau PDIP-Gerindra Pilih Prabowo, Airlangga Cs Bisa Rekrut Ganjar

Selain itu, inovasi yang dilakukan dengan mendirikan SPBU modular di Rest Area yang belum ada SPBU permanen sangat membantu para pemudik.

"Inovasi SPBU modular ini sangat baik sekali dan saya kira bisa digunakan untuk kegiatan masyakat yang lain seperti Natal dan Tahun Baru. Saya sendiri merasakan manfaat dari inovasi ini, di mana saat BBM sudah berkurang bisa mengisi BBM di Rest Area yang terdapat SPBU modular dan saya menjadi lebih tenang untuk melanjutkan perjalanan," ujar Mamit.

Sementara Direktur Executive ReforMiner Komaidi Notonegoro menyampaikan, di tengah tekanan harga minyak yang tinggi dan kebijakan harga yang masih ditahan untuk menjaga daya beli masyarakat, keberhasilan Pertamina Patra Niaga dalam menjaga pasokan BBM selama mudik lebaran dan arus balik memiliki makna yang sangat penting.

Baca juga : Optimalkan Arus Balik, Pos Pelayanan Kesehatan Jalur Pantura Bekasi Dipindahkan

"Hal tersebut mencerminkan bahwa yang dikedepankan PT Pertamina Patra Niaga adalah ketersediaan BBM itu sendiri meskipun kondisi keuangan mereka relatif tidak baik-baik saja," jelas Komaidi.

Pendapat serupa disampaikan peneliti dari AEPI Salamudin Daeng yang menyampaikan, pelayanan PT Pertamina Patra Niaga sudah bagus.

"Memang ada beberapa kelamaan dalam pendistribusian, tapi masih wajar. Management dan karyawan telah melakukan tugas dengan cukup baik dan ke depan saya kira akan jauh lebih baik lagi," kata Daeng.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.