Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Usung Konsep 3G, Sandi Dukung KEK Nongsa Digital Park Di Batam

Rabu, 1 Juni 2022 08:07 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (ketiga kanan) saat meninjau produksi Nongsa Digital Park di Batam, Selasa (31/5). (Foto: Antara)
Menparekraf Sandiaga Uno (ketiga kanan) saat meninjau produksi Nongsa Digital Park di Batam, Selasa (31/5). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung pertumbuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dengan semangat 3G.

“Kami dorong inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan semangat 3G, yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap semua potensi Online), untuk menghadirkan kebangkitan ekonomi digital sehingga terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja,” ujar Sandi usai meninjau proses shooting film terbaru produksi Nongsa Digital Park seperti dilansir Antara di Gedung Kinema Studio, di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (31/5).

Sandi yang melihat secara langsung proses shooting film berjudul Losmen Melati, selain itu ia juga diberitahu Nongsa Digital Park baru saja menyelesaikan produksi film dari Singapura.

Baca juga : Menkominfo Beri Dukungan Platform Digital Dan UMKM

Menurutnya, kegiatan ekonomi kreatif itu berdampak langsung kepada kebutuhan masyarakat, yaitu lapangan kerja dan geliat ekonomi.

"KEK Nongsa ini menjadi 1 dari 8 KEK yang ada di bawah Kemenparekraf dan setiap dua minggu terus dipantau akselerasi, kemajuan, dan progresnya," ujar Sandi.

Menurutnya Kemenparekraf siap mendukung penuh dalam mendukung kemajuan industri ekonomi kreatif di Tanah Air, karena dilihat sumbangsih dari sektor ini telah mencapai lebih dari Rp 100 triliun terhadap PDB Indonesia.

Baca juga : MPR Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar ketiga di dunia, setelah nomor satu Amerika dengan Hollywood, nomor dua Korea dengan drama Korea dan ketiga Indonesia.

"KEK Nongsa ini terdapat beberapa sub sektor ekonomi kreatif yaitu animasi film, aplikasi digital dan game development," ujar Sandi.

Sementara itu Gubernur Kepri Ansar Ahmad menegaskan bahwa pemprov terus mendukung perkembangan KEK di wilayah Provinsi Kepri.

Baca juga : HUT Ke 495, Anies Siapkan Digital Nomad Di Kepulauan Seribu

Ia berharap Nongsa Digital Park semakin terkenal di dunia Internasional, sehingga dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di daerah.

“Pemprov Kepri dukung Nongsa Digital  Park semakin mendunia," ujar Ansar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.