Dark/Light Mode

Gelar Pesta Game, Bekraf Bidik 18 Ribu Pengunjung

Jumat, 5 Juli 2019 21:00 WIB
Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari. (Foto: Ist)
Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar pesta game terbesar di Indonesia, Bekraf Game Prime (BGP). Acara ini digelar 13-14 Juli 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari optimis jumlah pengunjung bakal mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada 2018 BGP sukses menarik animo lebih dari 16 ribu pengunjung, maka tahun ini diyakini bisa lebih banyak lagi.

"Untuk tahun ini diperkirakan sekitar 18 ribu pengunjung yang meramaikan event ini," jelas Hari di Jakarta, Jumat (5/7).

Pada event bertema Game is the Future of Sport, Entertaiment, and Business ini, Bekraf berharap bukan hanya menjadi acara industri game terbesar di Indonesia, melainkan terbesar di Asia Tenggara.

Baca juga : Saatnya Damai Bung, Bersatu Membangun Bangsa

Dia juga melihat industri game di Indonesia makin diminati. Ini bisa dilihat dari makin banyaknya gamer yang mengakses game di personal computer (PC) serta di aplikasi smartphone secara online.

Event nanti tidak hanya menampilkan gamer tapi juga akan ada artis bertalenta di Indonesia. Bahkan kolektor toys dan action figure juga dapat menambah koleksinya, karena akan ada banyak komunitas dan juga produsen mainan baik dalam negeri maupun luar negeri di sini.

Karena itu, dia optimis, penyelanggaraan pesta gim Bekraf pada tahun ini bakal lebih sukses dibandingkan tahun lalu. Apalagi, pihaknya telah menggandeng dan berkoordinasi dengan asosiasi dan Kementerian terkait. "Kalau kita sudah bekerja sama dengan Kemenkominfo, Staf Kepresidenan, dan Kemenpora," jelasnya.

Lebih jauh Hari mengatakan, bahwa game bukan hanya sebagai hiburan, melainkan juga bisa dijadikan alat edukasi. Oleh karena itu, Bekraf pun mendukung terus event game.

Baca juga : Halal Bihalal Bareng Presiden, Belasan Ribu Relawan Penuhi Senayan

"Sekarang ini kita lihat bahwa game ini bisa membawa efek positif, karena bisa menjadi profesi baru, seperti creators, players, casters, publishers, dan lainnya yang menguntungkan bahkan ada jenjang kariernya," terangnya. 

Selain itu bagi para gamers, dia bilang pada game tertentu jika mengikuti alur permainan yang sesuai dengan usianya mengandung edukasi yang memacu kemampuan dan kognitif gamer.
"Bagi para pemainnya, game ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif, team work, serta berpikir kritis," terang Hari.

Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Narenda Wicaksono sumringah menyambut perhelatan game terbesar di Indonesia tersebut. Ia juga berterima kasih karena Bekraf telah mendukung berkembangnya game di Indonesia. "Market game itu besar sekali. Di dunia ini, game paling laris lebih menguntungkan daripada film. Jadi kita berterimakasih kepada Bekraf tidak hanya mendukung film, tapi juga game," ucap dia.

Narendra dalam gelaran nanti pengunjung bisa melihat karya developer game terbaik. "Ada puluhan game developer dalam negeri yang akan unjuk game terbaru mereka, sampai dengan Turnamen Esports," katanya.

Baca juga : Penyuap Bowo Sidik Diadili Rabu Pekan Depan

Sebanyak 8 tim esports profesional dan semi-profesional akan bertanding dalam cabang Clash of Titans, antara lain: RRQ, Aerowolf, Louvre, Island of Gods, GGWP Esports, The Prime, Saints Indo dan Bigetron. Bagi pecinta game Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). BGP 2019 akan menyediakan area khusus untuk bermain game VR & AR. 

Namun tidak hanya game digital, pengunjung juga dapat bermain berbagai macam board game hasil karya para desainer Indonesia. Bagi yang ingin bernostalgia dengan dingdong alias Arcade Game, pengunjung dapat menemukan Arcade Center versi mini di BGP 2019. 

"Selain arcade retro, pengunjung dapat mencoba simulator balap yang biasanya digunakan para pebalap profesional untuk latihan," katanya.[JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.