Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sempurnakan AD/ART, KADIN Akan Gelar Munassus

Sabtu, 11 Juni 2022 11:02 WIB
Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid. (Foto: Ist)
Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamar Dagang Dan Industri Indonesia (KADIN) akan menggelar Musyawarah Nasional Khusus (MUNASSUS) untuk menyempurnakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

Sebelum MUNASSUS, diadakan rapat koordinasi bersama anggota Wilayah Barat, Timur, Tengah, serta Anggota Luar Biasa (ALB) KADIN Indonesia yang digelar pada 6 Juni hingga 9 Juni 2022.

Terdapat 12 Pasal mengenai anggaran dasar (AD) dan 13 Pasal mengenai anggaran rumah tangga (ART) yang diperbarui, serta adanya 3 Pasal tambahan pada anggaran rumah tangga (ART).

Baca juga : Selesaikan Masalah Internal, Partai Berkarya Gelar Munaslub

“Selama 12 tahun ini belum ada penyempurnaan kembali AD/ART dan penyempurnaan ini wajib dilakukan untuk mengokohkan KADIN Indonesia sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha di Indonesia yang lahir dari Undang-Undang” ujar Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (10/6).

Tak hanya itu, AD/ART juga harus disesuaikan dengan perubahan zaman menuju era digital dan keadaan ekonomi Indonesia, terutama dengan adanya konflik geopolitik Ukraina-Rusia di mana mengakibatkan krisis global di seluruh dunia yang dapat menyebabkan timbulnya krisis politik dan krisis sosial.

Menurut dia, Indonesia adalah negara non-blok dan independen, di mana harus dimanfaatkan untuk bekerja sama dengan semua negara demi kemajuan perekonomian Indonesia, terutama melalui dunia usaha agar menjadi supply chain of the world. Namun, kerja sama ini tetap harus mengikuti budaya dan nilai-nilai Indonesia. 

Baca juga : MPR, BPIP, Lemhannas Dan GLB Akan Gelar Lomba Lagu Pancasila

“Maka dari itu, kita harus bersatu dan menyempurnakan AD/ART demi memperkuat internal organisasi KADIN Indonesia sebagai penyeimbang antara pelaku usaha dengan regulasi perekonomian Indonesia,” ucap Arsjad.

Terdapat sejumlah pasal dalam AD / ART yang dipertimbangkan untuk diubah dan ditambahkan baik dalam Rapat Koordinasi Wilayah maupun Rapat Koordinasi Asosiasi/Himpunan ALB (Anggota Luar Biasa) KADIN Indonesia, diantaranya mengenai perangkat organisasi, keanggotaan hingga ketentuan pelaksanaan kepengurusan KADIN baik di pusat maupun daerah.

Pada rapat koordinasi asosiasi/himpunan ALB KADIN Indonesia dihadiri oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, serta 30 asosiasi pengusaha di Indonesia. Sementara, untuk rapat koordinasi Wilayah Barat, Timur, dan Tengah dihadiri oleh KADINDA wilayah masing-masing.

Baca juga : KAI Sediakan Tiket Angkutan Lebaran Khusus Peserta Motis

Seluruh rangkaian acara ini juga dihadiri oleh Ketua Penyelenggara Munassus Yukki N. Hanafi, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Organisasi dan Ketua Pengarah Munassus Eka Sastra, Ketua Pelaksana Munassus Mulyadi Jayabaya, Dewan Pertimbangan Didik J. Rachbini, dan Tim Perumus Umar Lessy.

Acara MUNASSUS KADIN Indonesia 2022 rencananya akan diselenggarakan pada 23 Juni 2022 dimana akan dirumuskan AD/ART final yang kemudian diajukan untuk disahkan menjadi keputusan Presiden Republik Indonesia (KEPPRES).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.