Dark/Light Mode

Dukung Promosi Produk Dalam Negeri

Garuda Luncurkan Livery Khusus Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Minggu, 12 Juni 2022 08:29 WIB
Peluncuran livery branding logo Bangga Buatan Indonesia di armada Boeing 737-800 NG milik Garuda Indonesia. (Foto: Dok. Garuda)
Peluncuran livery branding logo Bangga Buatan Indonesia di armada Boeing 737-800 NG milik Garuda Indonesia. (Foto: Dok. Garuda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia secara berkelanjutan terus memperkuat komitmen dalam mendukung pengembangan sektor UMKM dan produk dalam negeri. Salah satunya diwujudkan melalui peluncuran livery branding logo Bangga Buatan Indonesia yang dipasang pada salah satu armada Boeing 737-800 NG bernomor registrasi PK-GMV. Livery Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia tersebut secara resmi mulai diperkenalkan melalui penerbangan Jakarta-Pontianak, dengan nomor penerbangan GA 502, Jumat (10/6).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pemasangan livery logo Bangga Buatan Indonesia tersebut merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mendukung promosi dan pengembangan sektor UMKM dan produk dalam negeri yang merupakan salah satu pilar penting dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai maskapai pembawa bendera bangsa dapat turut mengambil bagian dalam mensosialisasikan dan menjadi platform strategis dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada salah satu kanal promosi yang kami kelola,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (11/6).

Baca juga : Program Baktiku Negeriku Wujudkan Digitalisasi di Taman Nasional Ujung Kulon

Irfan melanjutkan, hadirnya logo Bangga Buatan Indonesia pada livery ini tidak hanya sebagai wujud dukungan Garuda terhadap sektor UMKM dan produk dalam negeri. Namun juga diharapkan akan dapat meningkatkan awareness masyarakat atas gerakan ini, sehingga ke depannya akan dapat meningkatkan kebanggaan atas berbagai produk unggulan nasional.

"Kami memahami bahwa sinergi menjadi salah satu kunci keberhasilan pemulihan ekonomi nasional. Melalui ketersediaan kanal informasi maupun jangkauan platform penjualan yang luas, kiranya dukungan promosi terhadap UMKM dan produk dalam negeri ini mampu membawa pertumbuhan positif bagi peningkatan penjualan sekaligus memperluas dikenalnya brand produk nasional di pasar global sehingga lebih berdaya saing," papar Irfan.

Dia menambahkan, Garuda Indonesia membuka kesempatan bagi para pelaku sektor UMKM nasional maupun produk dalam negeri untuk berkolaborasi dalam mempromosikan produk unggulannya melalui fitur layanan maupun platform promosional yang dikelola perusahaan. Termasuk melalui aktivitas direct promotional dalam pesawat maupun aktivitas penerbangan penunjang lainnya.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Pancasila Harus Jadi Jalan Hidup Bangsa Indonesia

Selain melalui kanal promosi livery pesawat, komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung sektor UMKM dan produk dalam negeri juga direpresentasikan melalui optimalisasi kanal belanja online GarudaShop. Hingga saat ini, melalui platform GarudaShop, Garuda Indonesia telah berkolaborasi dengan sedikitnya 57 UMKM yang tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Bali, Surabaya, dan Bandung untuk memperkenalkan berbagai produk unggulan, yang meliputi produk home and lifestyle, health and wellness, handicraft, serta produk lainnya. 

Irfan menerangkan, hadirnya produk UMKM nasional di kanal belanja GarudaShop turut melengkapi rangkaian produk-produk pilihan Garuda Indonesia yang selama ini ditawarkan dalam perjalanan domestik maupun internasional. Dengan memanfaatkan GarudaShop sebagai etalase digital bagi produk UMKM dan brand dalam negeri lainnya, diharapkan langkah ini dapat memperkuat ekosistem digital UMKM dan produk dalam negeri yang terus dikembangkan oleh Pemerintah akan semakin dikenal luas hingga pasar internasional. 

"Untuk itu, kami tentunya sangat terbuka dengan berbagai peluang kolaborasi yang dapat dimaksimalkan bersama pelaku sektor UMKM dan produk dalam negeri untuk memperkenalkan berbagai produk unggulannya melalui platform promosional kami miliki. Komitmen ini menjadi bagian dari manifestasi kami sebagai national flag carrier untuk terus memaksimalkan peran dan kontribusinya dalam perputaran roda perekonomian nasional melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia,” tutup Irfan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.