Dark/Light Mode

Pertamina Siap Lancarkan Penerbangan Haji, Pasok Avtur Hingga 2.300 KL

Senin, 8 Juli 2019 14:01 WIB
Petugas Pertamina tengah menyiapkan Avtur untuk pengisian bahan bakar pesawat pengangkut jemaah haji 2019. Ist
Petugas Pertamina tengah menyiapkan Avtur untuk pengisian bahan bakar pesawat pengangkut jemaah haji 2019. Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan pastikan pasokan avtur untuk penerbangan haji terpenuhi. Langkah ini dilakukan agar calon Jemaah haji dapat beribadah dengan lancar dan nyaman.

Penerbangan haji untuk wilayah Kalimantan terdapat di Bandar Udara Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan dan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca juga : AP II Siap Layani Penerbangan Haji di 5 Bandara Embarkasi

Pertamina pasok avtur untuk penerbangan haji hingga 2.300 KL atau meningkat 4.5 persen dari konsumsi avtur pada saat penerbangan haji tahun 2018, hal ini dikarenakan ada penambahan 2 (dua) kloter menjadi 19 kloter.

Heppy Wulansari, Region Communication & CSR Kalimantan mengutarakan, penerbangan haji melalui Bandar Udara Syamsudin Noor terdiri dari II fase. "Maskapai penerbangan yaitu Garuda Airlines akan mengantarkan calon Jemaah haji asal Kalimantan Selatan dan sekitarnya ke Medinah dan Jeddah dengan transit di Kualanamu, Medan," kata Heppy dalam rilis yang diterima, Senin (8/7/2019).

Baca juga : Garuda Siap Laksanakan Tugas Negara, Terbangkan Calon Jemaah Haji 2019

Dijelaskan, Pada fase keberangkatan (fase I) berlangsung dari 9 Juli 2019 – 3 Agustus 2019, konsumsi avtur diprediksi hingga 1.250 KL. Sedangkan untuk fase kepulangan (fase II) dari 20 Agustus 2019 – 15 September 2019, diprediksi konsumsi avtur sebanyak 1.050 KL.

“Sarana dan fasilitas dari Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor juga siap dengan optimal untuk dukung kelancaran operasional.” Lanjut Heppy.

Baca juga : Jelang Musim Haji, Pertamina Amankan Pasokan Avtur di Bandara Hasanuddin

Dikatakan, sebanyak 7 refueller, 9 storage tank berkapasitas 50 KL, 100 KL, 500 KL, dan 1.000 KL, dan puluhan pekerja yang akan standby 24 jam.

"Selain dari Bandar Udara di Kota Banjarmasin, penerbangan haji akan dilaksanakan melalui Bandar Udara Kota Balikpapan dengan penerbangan perdana pada 20 Juli 2019," kata Heppy. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.