Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Hutama Karya, Bulog, Dan PNM

Perhutani Gelar Pasar Rakyat BUMN Dan Bantu Pembiayaan UMKM

Senin, 20 Juni 2022 15:39 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga pada acara pasar rakyat. (Foto: Ist)
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga pada acara pasar rakyat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perum Perhutani bekerja sama dengan PT Hutama Karya (HK) dan Perum Bulog serta Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Mekaar menggelar program Pasar Rakyat dan Bazar UMKM serta membantu pembiayaan tanpa jaminan untuk 22.000 ibu-ibu keluarga prasejahtera. Program ini diinisiasi Kementerian BUMN.

Sekretaris Perusahaan Perum Perhutani, Asep Dedi Mulyadi mengatakan, partisipasi Perhutani dalam kegiatan Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN merupakan salah satu bentuk sumbangsih bagi masyarakat utamanya di masa pandemi.

“Ini upaya konkret Perhutani dalam membantu ekonomi rakyat yang kesulitan akibat Pandemi Covid-19,” jelas Asep.

Baca juga : Kinerja Melesat, BTN Dongkrak Laba BUMN Dari Sektor Pembiayaan Perumahan

Dia juga menyampaikan terima kasih atas ketertiban dan antusiasme masyarakat yang sangat besar dalam mengikuti arahan panitia acara selama kegiatan berlangsung. Pasar Rakyat dan Bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) BUMN 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, berlangsung di Lapangan Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Sabtu (18/6).

Dalam kegiatan yang dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 ini, Perhutani berkolaborasi bersama PT Hutama Karya (HK), dan Perum Bulog sebagai penyedia Paket sembako menyiapkan 4.000 paket sembako berisi 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kilogram gula pasir yang dibanderol dengan harga Rp 65.000 per paket.

Hadir dalam acara tersebut Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten Sukidi, VP Corporate Communication (CorComm) PT Hutama Karya Intan Zania, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Selatan Warman Syanudin, perwakilan Mitra Binaan BUMN, serta tamu undangan lainnya.

Baca juga : Grab Dan OVO Kompak Gelar Pasar Rakyat Di Semarang

Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN dibuka pada pukul 14.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan. Satu persatu warga dilayani untuk menukarkan kupon sembako sambil menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dalam sambutannya Wali Kota Tangerang Selatan melalui Warman Syanudin, “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Tangerang Selatan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya,” ujarnya.

Dia juga berterima kasih kepada Kementerian BUMN karena telah memilih Kota Tangerang Selatan sebagai lokasi acara Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN, semoga dapat berlanjut untuk tahun berikutnya.

Baca juga : 10 BUMN Kolaborasi Gelar Pasar Rakyat Dan Bazaar UMKM Di Kabupaten Kuningan

Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, Pasar Rakyat dilaksanakan untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena adanya pandemi Covid-19. Arya juga mengungkapkan bahwa telah berdialog bersama ibu-ibu prasejahtera yang telah diberikan pendanaan dan permodalan tanpa jaminan yaitu program Mekaar sebesar Rp 2 juta-Rp 9 juta melalui BUMN PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk mengetahui apakah program tersebut berjalan sesuai harapan atau tidak.

Program Mekaar ini, tambah dia, telah diberikan kepada 22.000 ibu-ibu prasejahtera di Kota Tangerang Selatan dan ke depannya akan dinaikkan 2 kali lipat dalam 1-2 tahun untuk diberikan pelatihan bisnis dan permodalan agar lebih membantu lagi. “Selain itu kami juga mengundang pelaku UMKM untuk berdialog sehingga dapat membantu mengkoordinasikan program BUMN untuk pelaku UMKM khususnya yang ada di sini,” jelas Arya.

Sementara itu warga Pisangan, Nana yang juga mengikuti Pasar Rakyat mengucapkan terima kasih karena dengan adaya Pasar Rakyat ini sangat membatu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia juga berharap, acara tersebut dapat rutin digelar sebulan sekali, atau 6 bulan sekali.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.