Dark/Light Mode

Dukung Ekonomi Hijau, Kraft Heinz Luncurkan Program JerryGreen

Kamis, 23 Juni 2022 14:16 WIB
Foto: Dok. Heinnz ABC Indonesia
Foto: Dok. Heinnz ABC Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) 2022 yang jatuh di bulan Juni ini, PT Heinz ABC Indonesia (dikenal sebagai Kraft Heinz Indonesia) melalui channel penjualannya (Kraft Heinz Food Service Indonesia) menginisasikan sebuah program kolaborasi untuk lingkungan yang diberi nama “JerryGreen”.

Melalui program ini, Kraft Heinz Food Service Indonesia mengajak serta memfasilitasi para pelaku industri HORECA (Hotel, Restoran, Cafe) untuk meningkatkan pengelolaan kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai untuk di daur ulang.

Kraft Heinz Food Service Indonesia bekerja sama dengan Waste4Change, perusahaan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, serta menggandeng 12 mitra hotel dan restoran dan juga 2 distributor yang tersebar di area Jakarta.

Program “JerryGreen” akan berlangsung selama 12 bulan ke-depan dan diharapkan dapat turut mengumpulkan setidaknya 5.000 kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai dari produk-produk Heinz ABC untuk di daur ulang, sekaligus mendukung terlaksananya praktik ekonomi sirkular yang optimal.

Managing Director Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea Steven Debrabandere mengatakan dengan membawa misi Let’s Make Life Delicious, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dan menghadirkan dampak positif dimanapun kami beroperasi.

Baca juga : CIPS Minta UU Perlindungan Konsumen Segera Direvisi

"Melalui Program “JerryGreen”, kami kembali memperkuat komitmen ini serta melibatkan para mitra bisnis kami untuk bersama-sama membangun sinergi positif bagi lingkungan," ujar Steven dalam keterangannya, Kamis (23/6).

Ia berharap program ini menjadi awal yang baik dan dapat menginsipirasi terciptanya gerakan yang lebih besar, melibatkan lebih banyak pelaku industri perhotelan, restoran, dan cafe di Indonesia.

Menurutnya program “JerryGreen” akan difokuskan pada upaya peningkatan pengumpulan (collection) kemasan jerigen dari produk-produk Heinz ABC yang digunakan oleh para pelaku industri HORECA untuk di daur ulang (recycle).

Pada tahap awal peluncurannya, mitra hotel dan restoran yang berpartisipasi termasuk diantaranya: Aloft South Jakarta, Aloft Wahid Hasyim, The Mayflower Mariott Executive Apartment, Le Meridien Jakarta.

Selain itu JW Mariott Jakarta, Four Points by Sheraton Thamrin, Ritz-Carlton Mega Kuningan, The Westin Jakarta, Aryaduta Suites Semanggi, Aryaduta Lippo Village, Doner Kebab, dan Abuba Steak. Joanna Sudharta, Head of Kraft Heinz Food Service Indonesia menambahkan:

Baca juga : Target Penjualan 2,4 T, Intiland Luncurkan Program Promo Spesial

“Kraft Heinz Food Service Indonesia hadir untuk mengembangkan industri HORECA di Indonesia dan menjadi mitra terpercaya bagi para chef dan pemilik bisnis kuliner, dengan menyediakan berbagai saus dan produk pillihan terbaik dari Brand ABC dan Brand Heinz," ujar Steven.

Untuk mendukung kreativitas terbaik di dapur. Kali ini, lewat Program “JerryGreen” memperluas peran dan berkolaborasi dalam pengelolaan kemasan yang bertanggung jawab menuju lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan.

"Apresiasi kami berikan kepada semua mitra yang sudah bergabung di tahap awal program ini dan kami terus mengundang mitra-mitra kami lainnya untuk bersama-sama menghadirkan dampak positif, bagi bisnis yang berkelanjutan, tapi juga bagi lingkungan sekitar," ujar Steven.

Dalam proses pengumpulan kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai ini, Kraft Heinz Food Service Indonesia juga melibatkan dua mitra distributor, yakni Cahaya Inti Putra Sejahtera & Kartika Distrindo.

Kemasan yang terkumpul kemudian akan diambil oleh pihak Waste4Change secara berkala untuk selanjutnya diproses di Rumah Pemulihan Material mereka.

Baca juga : PPI Universitas Nasional Bersama Kemenag Luncurkan Program Ekopesantren

Setelah melalui proses pembersihan dan pemotongan, kemasan ini akan disalurkan kepada mitra pendaur ulang plastik HDPE, PT Elite Recycling Indonesia (PT ERI), untuk diproses menjadi bahan baku daur ulang produk selanjutnya.

"Pemilihan mitra pendau ulang ini mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya kapasitas teknologi daur ulang yang mumpuni untuk menjaga kualitas material tetap baik dan memenuhi standar," pungkas Steven.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.