Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia CSR Awards 2022

CSR Kudu Berkontribusi Pada Lingkungan Dan Kemiskinan

Selasa, 5 Juli 2022 21:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran pelaku usaha di sektor swasta sangat dibutuhkan untuk ikut peduli terhadap tingkat kemiskinan dan kesehatan lingkungan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) mesti memberi kontribusi nyata.

Badan Pusat Stastik (BPS) mencatat, jumlah penduduk miskin di Indonesia sebanyak 26,5 juta per September 2021. Angka ini memang mengalami penurunan dari data sebelumnya di Maret 2021, sebesar 27,54 juta.

Mamun, hal tersebut tidak menghilangkan fakta bahwa Indonesia masih menghadapi problem kemiskinan. leh karena itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengatasi masalah tersebut.

Dukungan ini perlu menggunakan prinsip kolaborasi pentahelix yang melibatkan berbagai sektor. Seperti, pemerintah, akademisi, media massa, masyarakat, serta pelaku usaha.

"Kita memerlukan perhatian khusus agar masyarakat miskin dan difabel serta orang-orang kurang beruntung lainnya bisa mendapatkan CSR," kata Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, dalam sambutannya di ajang penghargaan Indonesia CSR Awards 2022, dikutip Selasa (5/7).

Baca juga : Gelaran Oceanman Indonesia 2022 Sukses, Diapresiasi Banyak Negara Dan Tokoh

Mengusung tema "Increasing Responsibility to Build a Sustainable Business", Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada 95 perusahaan yang memiliki program CSR terbaik.

Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Menteri Bidang Energi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Winarni D. Monoarfa mengungkapkan, setiap program CSR bisa dirasakan secara langsung manfaatnya bagi mereka yang membutuhkan. Perusahaan juga perlu memiliki program CSR yang berkontribusi bagi kesehatan lingkungan.

"Tentunya kita berharap selaras bersinergi dengan pencapaian tujuan berkelanjutan dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan, menjamin daya dukung lingkungan hidup," ujarnya.

Dia juga menyebut, tema yang diangkat oleh Warta Ekonomi sangat strategis karena fokus pada prinsip bisnis berkelanjutan. Winarni menyatakan, inovasi sosial dari konsep CSR dapat turut berkontribusi dalam pencapaian pembangunan nasional.

"Selain itu juga mendukung peran perempuan dan kemitraan global untuk pembangunan. Apa yang dilakukan Warta Ekonomi pada kegiatan ini menegaskan bahwa tidak ada satu pun yang tertinggal,” tutur Winarni.

Baca juga : Rakyat Merdeka Terima Penghargaan Dari Kemenhub

Ia pun berharap, pelaksanaan Indonesia CSR Awards 2022 dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Ada banyak perusahaan yang mendapatkan penghargaan Indonesia CSR Awards 2022 dari Warta Ekonomi. Mereka bergerak di berbagai bidang atau kategori.

Pada kategori Agribisnis, PT Astra Agro Lestari Tbk terpilih sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Social and Community Development.

Kemudian, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Community Economic Empowerment.

Lalu, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Providing Community Food Needs.

Baca juga : Didampingi Siti, Presiden Cek Kondisi Lingkungan Di Kawasan IKN

Berikutnya, PT Sampoerna Agro Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Supporting Community's Basic Needs.

Sementara PT Merdeka Copper Gold Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Social Development to Improving Community Welfare.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.