Dark/Light Mode

Uji Coba Mulus, Bandara Halim Dibuka Terbatas Besok

Selasa, 12 Juli 2022 11:01 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusumah hasil revitalisasi, Selasa (12/7). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusumah hasil revitalisasi, Selasa (12/7). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta dipastikan akan mulai beroperasi kembali pada esok hari, usai ditutup sejak 26 Januari 2022 lalu karena adanya revitalisasi.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusumah hasil revitalisasi, Selasa (12/7).

BKS, sapaan akrab Budi Karya, lepas landas dan melakukan pendaratan di runway Bandara Halim dengan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air 350i PK-CAP. Prosesnya berjalan dengan mulus dan lancar.

Dalam uji coba tersebut, Menhub didampingi Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal Madya Andyawan yang mewakili KASAU, Sekjen Kemenhub Novie Riyanto, Plt. Dirjen Udara Nur Isnin, President Director Angkasa Pura ll Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT WIKA Agung Budi Waskito, dan Direktur Utama PTPP Novel Arsyad.

Baca juga : Sinar Mas Land Salurkan 512 Hewan Kurban

"Secara teknis runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP mulai besok (13/7), dan September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial," ujar Menhub.

Seperti diketahui, Bandara Halim tidak beroperasi sejak Januari 2022, karena dilakukan revitalisasi. Langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini mengatakan, penggunaan runway secara terbatas dimaksudkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan, jika ada kekurangan yang harus diperbaiki.

"Selain runway, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal,” jelasnya.

Baca juga : Sah, Pengelolaan Bandara Kualanamu Diserahkan Ke Angkasa Pura Aviasi

Menhub juga menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pihak yakni, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Angkasa Pura II, Panglima TNI, KASAU, kontraktor pembangunan, dan jajaran Kemenhub yang telah memberikan dukungan yang baik selama pengerjaan.

Saat ini, kata Menhub, Progres pembangunan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma sudah mencapai 72,6 persen untuk pekerjaan sisi udara.

Di antaranya, landasan pacu (runway), landas hubung (taxiway), dan landas parkir (apron) ditargetkan selesai pada akhir bulan Juli 2022. Sementara, pekerjaan sisi darat diantaranya, gedung terminal akan diselesaikan pada akhir Agustus 2022.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2022, lingkup pekerjaan revitalisasi berupa Bandara Halim Perdanakusumah di antaranya adalah penyehatan landas pacu dan landas hubung (taxiway), peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama.

Baca juga : Tiba di Madinah, Wapres Disambut Pasukan Kehormatan Militer

Lalu, renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan akibat pekerjaan revitalisasi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.