Dark/Light Mode

China Uji Coba Rudal Antibalistik, Bukan Incar Negara Lain

Selasa, 21 Juni 2022 22:54 WIB
Presiden China Xi Jinping. (Foto Xinhua/Gong Bing)
Presiden China Xi Jinping. (Foto Xinhua/Gong Bing)

RM.id  Rakyat Merdeka - China berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal antibalistik di wilayah kedaulatannya pada Minggu (19/6). Kementerian Pertahanan Nasional (Ministry National of Defense-MND) menekankan, uji coba tersebut tidak menargetkan negara lain.

Ini adalah uji coba rudal antibalistik berbasis darat keenam yang diumumkan negara itu kepada publik. Menurut media China, Global Times, tes sebelumnya dilakukan pada 2021, 2018, 2014, 2013 dan 2010.

Baca juga : Malam Ini, Maung Bandung Incar Juara Grup

"Uji coba bersifat defensif dan tidak mengincar negara lain," keterangan pers Kemhan China, Minggu (20/6). Uji coba serupa pernah dilakukan pada Februari 2021.

Pakar militer China Song Zhongping mengatakan, China melakukan tes semacam itu di masa lalu, tetapi terus mengumumkan yang terbaru.

Baca juga : Digaji Rp 54 Miliar, Maurizio Sarri Betah Di Lazio

"Alasan China untuk mengumumkannya adalah karena transparansi militer dan pencegahan yang efektif ke beberapa negara," kata Song.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping menginstruksikan percepatan pembangunan sistem persenjataan dan peralatan militer modern dalam periode 2021-2025.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.