Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sah, Pengelolaan Bandara Kualanamu Diserahkan Ke Angkasa Pura Aviasi

Kamis, 7 Juli 2022 21:48 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara resmi dikelola bersama dengan India. Hal ini ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan President Director PT Angkasa Pura Aviasi (APA) Ahmad Rifai di Sarinah, Jakarta, Kamis (7/7).

Untuk diketahui, Angkasa Pura II bersama perusahaan pengelola bandara asal India GMR Airports membentuk perusahaan patungan (Joint Venture) bernama PT Angkasa Pura Aviasi.

Hadir meyaksikan serah terima kelola tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga : Kisah 41 Penerjun Kibarkan Bendera Di HUT Bhayangkara

Awaluddin mengungkapkan, di akhir tahun ini ditargetkan Bandara Kualanamu akan membuka 7 rute penerbangan internasional dari dan ke Asia Selatan.

"Dalam 5 tahun ke depan, Bandara Kualanamu akan melayani 40 persen penerbangan internasional atau naik dibandingkan saat ini hanya 10 persen penerbangan internasional," katanya.

APA akan mengembangkan Bandara Kualanamu dengan konsep Airport City yang mengintegrasikan kebutuhan penumpang, kargo dan peran bandara sebagai hub internasional.

Baca juga : Kuasa Hukum: Penghuni Rusun Jatinegara Barat Tolak Pengusiran Keluarga AM

'Kapasitas terminal penumpang ditingkatkan hingga maksimal 65 juta penumpang, dari saat ini sekitar 8 juta penumpang per tahun. Di samping itu, lahan seluas 200 hektare disiapkan untuk pembangunan area komersial," ungkapnya.

Lahan komersial seluas 200 hektare itu akan dikembangkan untuk pembangunan, antara lain convention center, factory outlet, F&B area, kids edutainment, golf course, hypermarket, hotel, apartemen, perkantoran, theme park dan duty free area.

Awaluddin menambahkan, seluruh investasi berasal dari APA. Angkasa Pura ll selaku pemegang saham mayoritas APA akan menjalankan fungsi pengawasan terhadap operasional dan pengembangan.

Baca juga : DKI Optimis ERP Bikin Pengguna Kendaraan Pribadi Beralih Ke Angkutan Umum

Sekaligus, memastikan Bandara Kualanamu dapat berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi serta pariwisata di Sumatera Utara dan lebih luas lagi bagi Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.