Dark/Light Mode

Kaleng Qurban YBKB, Cerdas Berqurban Maybank Saat Wabah PMK

Jumat, 8 Juli 2022 17:08 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut Idul Adha 1443 H, YBKB kembali dipercaya sebagai lembaga penyaluran program kurban dari PT Bank Maybank Indonesia, Tbk melalui Unit Usaha Syariah (UUS). Pada Jumat (8/7), pukul 10.00 WIB, dilaksanakan seremoni Serah Terima Berbagi Untuk Kebaikan Maybank di Graha Cerdas Mandiri (GCM), Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Head Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari mengatakan, inisiatif berbagi untuk kebaikan ini merupakan wujud kepedulian Maybank Indonesia kepada warga yang kurang mampu.

"Serta sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat ukhuwah atau persaudaraan antar sesama umat muslim yang merayakan Idul Adha," ujar Romy.

Baca juga : Kapolri: Rangkaian Kegiatan HUT Bhayangkara Semangat Jaga Persatuan Dan Kesatuan

Sebagai mitra pelaksana qurban Maybank, YBKB telah tersertifikasi sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) melalui SK Dirjen Bimas Islam No. 884 tahun 2019, rutin menyalurkan daging hewan kurban setiap tahunnya.

Namun, mengingat Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 47 Tahun 2022 tentang ditetapkannya status keadaan tertentu darurat penyakit mulut dan kuku (PMK), maka tahun ini YBKB menginisiasi program Cerdas Berqurban dengan penyaluran daging hewan qurban dalam kemasan kaleng (Kaleng Qurban).

Kaleng Qurban adalah solusi cerdas dari YBKB atas keresahan masyarakat mengenai wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang telah menyebar luas di 22 provinsi.

Baca juga : Kapolri-Dewan Pers Bertemu, Sepakat Cegah Polarisasi Pemilu

Selain daging yang telah dikemas dalam bentuk Kaleng Qurban, YBKB juga tetap menyalurkan daging mentah bagi masyarakat sekitar dalam jumlah tertentu dan dengan prosedur yang telah memenuhi standar kesehatan agar tetap higienis sehingga aman untuk dikonsumsi.

Daging hewan kurban yang telah dipotong akan langsung diolah menjadi rendang yang sudah dimasak matang lalu dikemas dalam kaleng.

Daging yang telah dimasak secara higienis dalam bentuk Kaleng Qurban akan lebih mudah dan aman untuk disalurkan ke 15 kota di seluruh pelosok Indonesia. Lenyaluran daging hewan kurban di 15 kota ini, telah memasuki tahun ke-5.

Baca juga : Bawaslu NTB Pengen Cegah Berantem Lagi Saat Pemilu

"Dengan adanya Kaleng Qurban, proses distribusi menjadi lebih mudah, aman dan higienis. Jangkauan pun dapat lebih luas ke pelosok. Tantangan wabah PMK dapat diatasi. Semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi seluruh pihak yang mendukung kegiatan," ungkap Ketua Umum YBKB Putra Aditya Hidayat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.