Dark/Light Mode

Penerimaan Hulu Migas Negara Optimal Walau Lagi Pandemi

Kinerja SKK Migas Moncer

Minggu, 17 Juli 2022 07:30 WIB
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. (Foto: ANTARA).
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
“Keyakinan ini didukung oleh success ratio pengeboran sumur eksplorasi di Indonesia, yang dalam beberapa tahun terakhir mencatatkan keberhasilan tinggi. Dan di atas keberhasilan pengeboran eksplorasi dunia,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dari 4 sumur eksplorasi yang sudah selesai hingga Juni 2022, sebanyak tiga sumur menghasilkan discovery dan satu sumur tidak ada discovery. Atau success ratio mencapai 75 persen.

Bahkan pada 2021, angka success ratio pengeboran sumur eksplorasi di Indonesia mencapai 55 persen. Sementara success ratio dunia hanya mencapai rata-rata sebesar 23,8 persen. Kabar baiknya lagi, Blok Andaman II di lepas pantai Aceh menjadi keberhasilan penemuan migas pada pengeboran sumur eksplorasi Timpan-1 oleh KKKS Premier Oil.

Baca juga : Pertemuan Bilateral Dengan 3 Negara Di Bali, Ini Isu Strategis Yang Dibahas Sri Mulyani

“Hal ini akan menjadi pendorong bagi play opener di Blok Andaman lainnya. Kami percaya ini berpotensi menghidupkan kembali Arun. Dan mudah-mudahan dapat lebih meningkatkan investasi di Indonesia,” kata Dwi.

Kebut Proyek Hulu Migas

Dwi menyampaikan beberapa aktivitas utama hulu migas di kuartal II-2022 sudah melampaui capaian pada periode yang sama, dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga : Jangan Kaget, Nonton TV Nggak Ada Siaran

Misalnya, pada pengeboran sumur eksplorasi yang sampai semester I-2022 sudah mencapai 16 sumur. Atau lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebanyak 13 sumur, alias lebih tinggi 23 persen.

“Terhitung kegiatan pengeboran sumur pengembangan yang mencapai 348 sumur, lebih tinggi 87 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun 2021 sebanyak 186 sumur,” rinci Dwi.

Deputi Perencanaan SKK Migas Benny Lubiantara menambahkan, realisasi sumur pengembangan yang telah dibor mencapai 348 sumur. Atau sekitar 44 persen dari target sebanyak 790 sumur.

Baca juga : Penerimaan Negara Dari Cukai Bisa Merosot Karena Ini...

Dikatakan Benny, jumlah sumur pengembangan yang telah dibor tahun ini jumlahnya hampir dua kali lipat dari jumlah sumur tahun lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.