Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Melantai Di Bursa, Tera Data Indonusa Raih Dana IPO 145 M

Rabu, 20 Juli 2022 14:30 WIB
PT Tera Data Indonusa Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (20/7). (Foto: Istimewa)
PT Tera Data Indonusa Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (20/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Tera Data Indonusa Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (20/7). Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar komputer dan perlengkapan komputer ini memakai kode saham AXIO dalam perdagangan sahamnya.

Direktur Utama AXIO, Michael Sugiarto mengemukakan, dalam penawaran umum  perdana saham atau Intitial Public Offering (IPO), AXIO melepas sejumlah 1.040.126.500 saham kepada publik dengan nominal Rp 25 per saham. Besaran saham yang ditawarkan setara dengan 17,81 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dalam hajatan IPO ini, AXIO meraup dana segar sejumlah Rp 145,617 miliar. Itu berarti harga IPO produsen laptop merek Axioo ini sebesar Rp 140 per saham.

"Investor sangat antusias menyambut saham AXIO. Hal itu terlihat dari tingginya minat selama masa penawaran, sehingga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 78 kali," kata Michael di Jakarta, Rabu (20/7).

Baca juga : Mantap, Kemenpora Hattrick Raih Opini WTP

Michael menyampaikan, dana hasil IPO itu, akam digunakan sekitar 90 persennya untuk modal kerja (Working Capital) menunjang peningkatan penjualan Perseroan berupa keperluan pembelian bahan baku komponen dan suku cadang produk Perseroan yang meliputi LCD, motherboard, SSD, RAM, dan lainnya.

Selain itu, akan digunakan untuk pembiayaan piutang usaha, peningkatan kualitas Human Capital Development melalui pengembangan melalui pelatihan internal maupun eksternal serta pengembangan channel distribusi melalui tenaga pemasaran dan perluasan cakupan service centre pada area pemasaran perseroan. Sisanya 10 persen akan digunakan untuk belanja modal (Capital Expenditure).

Antara lain untuk perluasan area gudang dan produksi yang berlokasi di pabrik Perseroan saat ini dan pembelian peralatan pendukung produksi berupa conveyor line, forklift, racking management, serta mesin berupa Surface Mounting Technology (SMT) untuk keperluan produksi motherboard dan alat pendukung pengembangan berupa alat tes hasil produksi (Quality Control Kit).

Untuk memenuhi kenaikan volume permintaan dan penjualan tahun 2022 dan kedepannya serta dapat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan proses produksi Perseroan. Dari sisi kinerja, AXIO menunjukkan kinerja keuangan yang baik dan bertumbuh positif secara konsisten.

Baca juga : Bantu Warga Sekitar, Poros Muda Indonesia Kurban 1 Sapi Dan 2 Kambing

Ini tercermin pada laporan laba rugi. Pada kinerja secara tahunan 2021 AXIO berhasil mencatatkan kenaikan laba bruto sebesar 400 persen menjadi Rp 264 miliar. Alhasil, laba bersih tahun berjalan berhasil mengalami kenaikan sebesar 1.056 persen YoY menjadi Rp 135 miliar.

Pada 2020 dan 2021, terjadi peningkatan permintaan akan produk Teknologi Informasi (TI), khususnya notebook dan laptop. Kondisi ini turut meningkatkan bisnis notebook dan laptop AXIO di Indonesia karena adanya new normal, dampak dari Covid-19.

Pada periode 31 Desember 2021, tercatat rasio pertumbuhan dan juga rasio profitabilitas membukukan kinerja positif, termasuk pendapatan, Net Profit Margin (NPM) hingga Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE), bersamaan dengan rasio solvabilitas yang sangat sehat.

Ini terlihat pada Debt to Asset (DAR) hanya sebesar 0,62x. Hal ini mencerminkan AXIO memiliki kinerja yang sehat. Pada kinerja full year dari tahun 2019, 2020 sampai dengan 2021, AXIO secara konsisten membukukan peningkatan kinerja pendapatan dan penjualan yang bertumbuh.

Baca juga : Usai Wukuf, Jemaah Haji Indonesia Mulai Lontar Jumrah Aqabah

Dalam perhelatan PUP saham ini, AXIO menunjuk PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT BNI Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek (underwrited). AXIO telah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 13 Juli 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.