Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujudkan Mandiri Energi, Indonesia Power Garap Proyek Pembangkit Listrik Dan EBT Di Sulteng

Rabu, 20 Juli 2022 17:00 WIB
Foto: Dok. Indonesia Power
Foto: Dok. Indonesia Power

 Sebelumnya 
Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura, yang mempunyai komitmen dalam pembangunan di wilayahnya, yakni dengan membidik Indonesia Power sebagai rekan untuk mewujudkan Sulawesi Tengah mandiri energi.

“Pertumbuhan investasi yang pesat mendorong kami bergerak cepat dengan menggandeng IP, agar Sulawesi Tengah bisa memiliki pembangkit listrik sendiri,” ujarnya .

Rusdi menjelaskan, Sulawesi Tengah memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Seperti sungai, batubara, gas, panas bumi dan potensi lainnya.

Baca juga : Rio Fahmi Siap Hadapi Laga Perdana Lawan Bali United

Sementara itu, Direktur Utama PT Pembangunan Sulawesi Tengah, Leomirnandi D. Karamoy menilai, banyak potensi yang dapat digali di Sulawesi Tengah.

Menurutnya kebutuhan listrik di sektor industri juga cukup besar. Sehingga, Sulteng diharapkan dapat mandiri energi agar dapat memberikan dampak positif bagi sektor lain, seperti perikanan dan pangan.

Pertambangan nikel, batu, minyak dan gas bumi di Sulawesi Tengah berpotensi besar untuk digarap. Dengan prediksi kebutuhan listrik industri hingga 6,7 GW (Gigawatt).

Baca juga : Lestarikan Sungai Citarum, Indonesia Power Sinergi Bareng ITB dan University of Manchester

"Kami sebagai BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) ingin mandiri dalam kelistrikan dan energi, serta sektor perikanan dan pangan,” ungkapnya.

Nantinya, kerja sama Pengembangan Proyek Pembangkit Listrik antara Indonesia Power dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ini meliputi persiapan, perencanaan dan pengembangan proyek pembangkit listrik di Sulawesi Tengah. Serta, proyek EBT lainnya yang dianggap layak untuk dikembangkan.

Adapun, penandatangan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Sidqi dan Direktur Utama PT Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah Leomirnandi D. Karamoy, yang disaksikan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura, di Ruang Serba Guna Indonesia Power Head Office Jakarta, Kamis (14/7). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.