Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

APKASI Dialogue

Bangkitnya Kabupaten Melalui Investasi Hijau

Selasa, 2 Agustus 2022 12:10 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama dengan kaukus pembangunan lestarinya, yaitu Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) menyelenggarakan "Executive Dialogue: Daerah Bangkit Melalui Kemudahan Investasi Hijau Indonesia", di Jakarta Convention Center (JCC).

Salah satu sesi acara tersebut, digelar bersama forum aksi kolektif yurisdiksi (Jurisdiction Collective Action Forum/JCAF).

Dialog ini diadakan untuk menyongsong perhelatan G20 di Indonesia, yang akan menjadi momen bagi APKASI dan LKTL untuk berkontribusi membantu upaya peningkatan daya saing dan kapasitas daerah.

Baca juga : Bahlil Percepat Pengembangan Investasi Hijau Berkelanjutan

Dengan begitu, daerah mampu mengakses peluang insentif pendanaan dan investasi hijau yang berguna untuk pengembangan daerah secara lebih berkelanjutan.

Dalam salah satu sesi yang diselenggarakan bersama JCAF, perwakilan kabupaten-kabupaten dan pihak lintas sektor dipertemukan untuk berbagi pengalaman tentang gotong-royong membangun ekosistem pemungkinberdasarkan praktik terbaik yang efektif untuk memajukan yurisdiksi.

Para narasumber berbagi pengalaman mengenai prioritas strategi untuk mempromosikan potensi komoditas unggulan di tingkat yurisdiksi kabupaten/kota dan pengembangan pendanaan/investasi berkelanjutan.

Baca juga : Jokowi: Kalau Nggak Tuntas Di Menteri Investasi, Silakan Hubungi Saya

Bupati Gowa sekaligus Sekjen APKASI Adnan Purichta Ichsan menyampaikan, di tingkat global terlihat pembahasan tentang investasi hijau telah berkembang sebagai konsep pemulihan ekonomi dengan lebih baik, sekaligus berkelanjutan.

"Kami sangat mendukung diskusi seperti ini, karena membantu memperluas wawasan kami dan lebih terarah untuk melengkapi diri terhadap potensi investasi hijau yang masuk ke daerah. Tujuannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat," tuturnya, dikutip Selasa (2/8).

Membawa isu yang sama, saat ini, kabupaten juga sedang mempersiapkan diri untuk berpartisipasi pada perhelatan KTT G20 presidensi Indonesia. Menyongsong perhelatan G20, Kementrian Investasi/BKPM juga menyusun Panduan Investasi Berkelanjutan (Sustainable Investment Guidance/SIG) berdasarkan standar Environment, Social, Governance (ESG).

Baca juga : ASEPHI Siap Bangkitkan Bisnis Kerajinan Indonesia

ESG merupakan panduan bagi industri di Indonesia dalam menjalankan proses kegiatan usahanya, sekaligus meningkatkan kapasitas dan daya saing merespon kebutuhan pasar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.